Sabtu, 15/06/2024 - 11:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Delapan Tips Menghindari Ghibah

JAKARTA — Ghibah atau menggunjing merupakan jenis perbuatan membicarakan keburukan orang lain, yang mana apabila orang tersebut mendengarnya ia akan terluka. Misalnya menyebut kekurangannya seperti hitam, pendek, kurus, bodoh, dan lain sebagainya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Perbuatan ghibah ini sangat tidak disukai Allah swt dan Rasul-Nya, karena ghibah merupakan penyakit hati yang memakan amal kebaikan dan termasuk perbuatan yang sia-sia.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Menurut Abu Syahidah dalam bukunya “Menjadi Remaja yang Mulia” menyebutkan, ghibah tidak terbatas pada lisan atau kata-kata saja, namun juga bisa terjadi dengan tulisan atau isyarat seperti kedipan mata, gerakan tangan, dan cibiran. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Misalnya saja ketika seorang wanita datang kepada Aisyah ra. Ketika wanita tersebut telah pergi, Aisyah mengisyaratkan dengan tanangannya yang menunjukkan yang menunjukkan bahwa wanita itu berbadan pendek. Rasulullah saw lantas berkata; “Engkau telah melakukan ghibah!”

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Untuk mengobati kebiasaan gibah, ada beberapa kiat yang bisa kamu lakukan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Pertama, Selalu kamu ingat bahwa perbuatan ghibah adalah penyebab kemarahan dan kemurkaan Allah serta turunnya adzab dariNya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Kedua, Takut kebaikanmu akan pindah kepada orang yang di gunjing atau yang di gibah. Jika tidak mempunyai kebaikan sama sekali, maka kejahatan atau dosa orang yang di gunjing akan kamu ambil maka bertambahlah dosa kejahatanmu. Jika selalu mengingat hal ini, niscaya kamu akan berfikir seribu kali untuk melakukan perbuatan ghibah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Dalil Khusus Buat Istri yang Jelaskan Kewajiban terhadap Suami

Ketiga, Hendaknya mengingat aib diri lebih dahulu sebelum menggibah. Dengan demikian akan timbul perasaan malu pada dirimu sendiri bila membuka aib orang lain, karena dirimu sendiri masih mempunyai aib yang lebih banyak.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Beruntunglah orang orang yang disibukkan oleh aibnya sendiri daripada membicarakan aib orang lain.” (HR. al- Bazzar dengan sanad Hasan)

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Keempat, Jika aib orang lain yang hendak digunjingkan tidak ada pada dirimu, maka hendaknya kamu segera bersyukur kepada Allah karena telah menghindarkanmu dari aib tersebut, bukannya malah mengotori diri dengan aib yang lebih besar yang berupa perbuatan ghibah.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Kelima, Selalu ingat bahwa bila membicarakan saudaramu, maka kamu seperti orang yang makan bangkai saudara sendiri, sebagaimana yang difirmankan oleh Allah swt: 

Berita Lainnya:
Jejak Rasulullah: Ada Masjid Dua Kiblat di Kota Madinah, Menghadap ke Ka'bah dan Palestina

وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ

لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ  ۚوَاتَّقُوا اللَّهَ  ۚإِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ

رَّحِيمٌ )

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), Karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS al-Hujuraat ayat 12)

Keenam, Wajib mengingatkan teman yang sedang melakukan ghibah, bahwa perbuatan tersebut hukumnya haram dan dimurkai Allah. Jadi kamu jangan larut mendengarkan gibah temanmu tapi kamu harus mencegahnya dengan cara mengingatkannya. Kalau kamu tidak mampu mengingatkannya maka kamu harus meninggalkannya.

Ketujuh, selalu mengingat ayat-ayat dan hadits-hadits yang melarang ghibah dan selalu menjaga lisan agar tidak terjadi ghibah.

Kedelapan, selalu berdoa kepada Allah dan memohon pertolongan-Nya supaya lisannya tidak mudah mengghibah dan supaya Allah meringankanmu menghindarkan diri dari ghibah.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَاهُمْ لِيَتَسَاءَلُوا بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَائِلٌ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ ۚ قَالُوا رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ فَابْعَثُوا أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِ إِلَى الْمَدِينَةِ فَلْيَنظُرْ أَيُّهَا أَزْكَىٰ طَعَامًا فَلْيَأْتِكُم بِرِزْقٍ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا الكهف [19] Listen
And similarly, We awakened them that they might question one another. Said a speaker from among them, "How long have you remained [here]?" They said, "We have remained a day or part of a day." They said, "Your Lord is most knowing of how long you remained. So send one of you with this silver coin of yours to the city and let him look to which is the best of food and bring you provision from it and let him be cautious. And let no one be aware of you. Al-Kahf ( The Cave ) [19] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi