Rabu, 19/06/2024 - 14:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Menko Luhut: GBFA Atasi Kesenjangan Finansial Proyek Iklim

BADUNG — Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Global Blended Finance Alliance (GBFA) akan menjadi solusi untuk mengatasi kesenjangan finansial dalam merealisasikan proyek iklim dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“GBFA akan memobilisasi pendanaan campuran (blended finance), sebuah langkah strategis untuk mengatasi kesenjangan finansial terkait (proyek) iklim dan pencapaian SDGs,” ujar Luhut dalam acara peluncuran sekretariat GBFA di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

GBFA diadopsi oleh para pemimpin KTT G20 Bali untuk mempercepat investasi iklim di negara-negara berkembang, Least Developed Countries (LDC), dan negara kepulauan. Fokus utamanya adalah pada kerja sama global selatan dan pendanaan transisi.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

GBFA G20 Bali akan mendukung negara-negara untuk merancang dan menerapkan kebijakan yang tepat, mengembangkan struktur kelembagaan, teknologi dan data, serta solusi pembiayaan untuk transisi mencapai SDGs.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Luhut Singgung Sulit RI Terapkan Kewarganegaraan Ganda

“GBFA akan memfasilitasi asas-asas G20 terkait pendanaan campuran (blended finance), mendukung negara-negara merancang kebijakan yang memprioritaskan kebutuhan kita untuk membangun key partnership,” ujar Luhut.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Dalam kesempatan tersebut, Luhut secara resmi meluncurkan sekretariat GBFA yang berbasis di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur, Bali; penandatangan Letter of Intent oleh para pendiri, dan diskusi meja bundar.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Hari ini, Pemerintah Indonesia secara resmi meluncurkan Sekretariat GBFA yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur,” kata Luhut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Dalam kesempatan tersebut, Luhut mengajak para perwakilan negara yang hadir untuk mempererat kerja sama internasional melalui berbagai forum, seperti forum G-20 selanjutnya yang akan digelar di Rio de Janeiro, Brasil.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Beijing: Pertemuan Menlu Wang Yi-Menko Luhut Contoh Keeratan Hubungan

“Bersama-sama, kita bisa membangun masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan,” ujar Luhut.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Sebelumnya, Luhut menjelaskan bahwa krisis iklim menjadi isu yang penting bagi seluruh negara di dunia. Mengacu pada konsensus UEA COP28 lalu, setiap pihak berkomitmen untuk melakukan transisi energi dari bahan bakar fosil untuk mempercepat pengurangan emisi NDC.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Luhut melihat tantangan perubahan iklim dan perlunya penutupan proyek besar karena terdapat kesenjangan pendanaan iklim. Oleh karena itu, GBFA hadir sebagai salah satu solusinya.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Dalam hal itu, GBFA juga akan mendukung program konservasi air dan akan menjembatani kesenjangan antara sumber daya publik yang tersedia dan investasi besar-besaran yang dibutuhkan Global Water Fund.

 

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ بَيْنَ السَّدَّيْنِ وَجَدَ مِن دُونِهِمَا قَوْمًا لَّا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ قَوْلًا الكهف [93] Listen
Until, when he reached [a pass] between two mountains, he found beside them a people who could hardly understand [his] speech. Al-Kahf ( The Cave ) [93] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi