Rabu, 19/06/2024 - 01:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Pohon Berusia 100 Tahun Ditebang Demi Bangun Beach Club, Ini Respon Kemenparekraf

Dalam gelaran World Water Forum, Menparekraf Sandiaga Uno ikut mengkritisi terkait berita viral yang menyatakan pohon berusia ratusan tahun ditebang untuk proyek beach club.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 BADUNG — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menegaskan bahwa pihaknya telah menghentikan sementara proyek pembangunan beach club di kawasan Sesehan, Kabupaten Badung, Bali. Tindakan itu dilakukan lantaran pembangunannya sampai menebang sebuah pohon berusia 100 tahun.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Video penebangan pohon tua itu pertama kali diunggah oleh akun Instagram @therahayuproject dan menimbulkan gelombang kritik dari masyarakat lokal maupun internasional. Banyak di antara warganet yang meluapkan keprihatinannya terhadap pengrusakan alam demi kepentingan bisnis.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

“Kami sangat serius, begitu ada viral soal pembangunan tersebut, saya langsung bukan hanya mengecek dan memerintah jajaran untuk berkoordinasi, namun juga bersama dengan pemerintah provinsi menghentikan pembangunannya untuk sementara,” kata Sandiaga dalam konferensi pers di Media Center World Water Forum di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024).

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
World Water Forum ke-10 Resmi Ditutup, Ini Deretan Hasilnya

Sandiaga memastikan pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap perizinan proyek beach club tersebut, terutama dalam aspek keberlanjutannya. “Kita akan pastikan dulu, semuanya sudah sesuai atau belum,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Tidak hanya itu, kata Sandiaga, pihaknya juga akan mengkaji ulang rencana tata ruang proyek beach club tersebut. Dengan begitu, pengembangan destinasi wisata di Bali bisa tetap sejalan dengan upaya pemerintah dalam menghadapi tantangan krisis air dan krisis iklim.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Sebagai salah satu destinasi wisata populer di dunia, Bali juga menghadapi tantangan krisis air akibat peningkatan pesat dalam jumlah dan kunjungan wisatawan. Merujuk laman Dinas PUPR Bali, dilaporkan bahwa pasokan air selama musim kemarau di beberapa kawasan Bali sering kali tidak stabil. Air tanah dan sumber air permukaan mengalami penurunan kualitas dan jumlah yang signifikan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Menaker: Berkurban, Simbol Solidaritas Nilai-Nilai Sosial  

Karena itulah tindakan gegabah seperti menebang pohon untuk pembangunan beach club sangat kontradiktif dengan tantangan krisis air di Bali. Alih-alih ditebang, pohon yang dapat mempertahankan ketersediaan air seharusnya dilestarikan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“Memang perlu ada koordinasi dan kerja sama dengan seluruh pemerintah daerah dan instansi dalam menegakkan permasalahan-permasalahan seperti ini, sehingga diharapkan pembangunan wisata bisa tetap dilakukan tanpa merusak alam,” tegas Sandiaga.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِ رَبِّهِمْ وَلِقَائِهِ فَحَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فَلَا نُقِيمُ لَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَزْنًا الكهف [105] Listen
Those are the ones who disbelieve in the verses of their Lord and in [their] meeting Him, so their deeds have become worthless; and We will not assign to them on the Day of Resurrection any importance. Al-Kahf ( The Cave ) [105] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi