Sabtu, 27/07/2024 - 12:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Pohon Berusia 100 Tahun Ditebang Demi Bangun Beach Club, Ini Respon Kemenparekraf

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Dalam gelaran World Water Forum, Menparekraf Sandiaga Uno ikut mengkritisi terkait berita viral yang menyatakan pohon berusia ratusan tahun ditebang untuk proyek beach club.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

 BADUNG — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menegaskan bahwa pihaknya telah menghentikan sementara proyek pembangunan beach club di kawasan Sesehan, Kabupaten Badung, Bali. Tindakan itu dilakukan lantaran pembangunannya sampai menebang sebuah pohon berusia 100 tahun.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Video penebangan pohon tua itu pertama kali diunggah oleh akun Instagram @therahayuproject dan menimbulkan gelombang kritik dari masyarakat lokal maupun internasional. Banyak di antara warganet yang meluapkan keprihatinannya terhadap pengrusakan alam demi kepentingan bisnis.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“Kami sangat serius, begitu ada viral soal pembangunan tersebut, saya langsung bukan hanya mengecek dan memerintah jajaran untuk berkoordinasi, namun juga bersama dengan pemerintah provinsi menghentikan pembangunannya untuk sementara,” kata Sandiaga dalam konferensi pers di Media Center World Water Forum di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024).

Berita Lainnya:
Pacu Penjualan Mobil Listrik, MG Tambah Diler Baru
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Sandiaga memastikan pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap perizinan proyek beach club tersebut, terutama dalam aspek keberlanjutannya. “Kita akan pastikan dulu, semuanya sudah sesuai atau belum,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Tidak hanya itu, kata Sandiaga, pihaknya juga akan mengkaji ulang rencana tata ruang proyek beach club tersebut. Dengan begitu, pengembangan destinasi wisata di Bali bisa tetap sejalan dengan upaya pemerintah dalam menghadapi tantangan krisis air dan krisis iklim.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Sebagai salah satu destinasi wisata populer di dunia, Bali juga menghadapi tantangan krisis air akibat peningkatan pesat dalam jumlah dan kunjungan wisatawan. Merujuk laman Dinas PUPR Bali, dilaporkan bahwa pasokan air selama musim kemarau di beberapa kawasan Bali sering kali tidak stabil. Air tanah dan sumber air permukaan mengalami penurunan kualitas dan jumlah yang signifikan.

Berita Lainnya:
Soal Indofarma, Erick: Kalau Ada Korupsi, Kita Tangkap
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Karena itulah tindakan gegabah seperti menebang pohon untuk pembangunan beach club sangat kontradiktif dengan tantangan krisis air di Bali. Alih-alih ditebang, pohon yang dapat mempertahankan ketersediaan air seharusnya dilestarikan.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Memang perlu ada koordinasi dan kerja sama dengan seluruh pemerintah daerah dan instansi dalam menegakkan permasalahan-permasalahan seperti ini, sehingga diharapkan pembangunan wisata bisa tetap dilakukan tanpa merusak alam,” tegas Sandiaga.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

قَالَ هَٰذَا رَحْمَةٌ مِّن رَّبِّي ۖ فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ رَبِّي جَعَلَهُ دَكَّاءَ ۖ وَكَانَ وَعْدُ رَبِّي حَقًّا الكهف [98] Listen
[Dhul-Qarnayn] said, "This is a mercy from my Lord; but when the promise of my Lord comes, He will make it level, and ever is the promise of my Lord true." Al-Kahf ( The Cave ) [98] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi