Selasa, 18/06/2024 - 19:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Misi Chang’e 6 China Bersiap untuk Mendarat di Sisi Jauh Bulan Pada Awal Juni 

Chang’e 6 saat ini sedang menunggu kondisi-kondisi pencahayaan optimal dan mencari lokasi pendaratan terbaik di bulan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Misi pengembalian sampel robotik China Chang’e 6 ke sisi jauh bulan kini mengorbit di sekitar bulan, bersiap untuk upaya pendaratannya. Pesawat luar angkasa multi-komponen ini dijadwalkan mendarat pada awal Juni di cekungan Kutub Selatan-Aitken (SPA). 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Dilansir Space, Rabu (22/5/2024), cekungan Kutub Selatan-Aitken (SPA) adalah sebuah fitur benturan raksasa yang lebarnya sekitar 2.500 kilometer. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Chang’e 6 saat ini sedang menunggu kondisi-kondisi pencahayaan optimal di area tersebut dan mencari lokasi-lokasi pendaratan terbaik di dalam atau di sekitar cekungan Apollo, yang merupakan bagian dari lanskap SPA yang lebih besar. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Chang’e 6 akan menempatkan pendarat/ascender di permukaan bulan dan menjaga pesawat ruang angkasa tetap mengorbit mengelilingi bulan. Dalam waktu 48 jam setelah mendarat, pendarat akan mengulurkan lengan robotik untuk mengambil batu-batuan dan tanah dari permukaan bulan, dan bornya akan mengebor bagian atas bulan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Perubahan Iklim Ancam Keanekaragaman Hayati Laut

Koleksi-koleksi bulan tersebut akan ditempatkan di dalam ascender untuk berangkat dari bulan dan berlabuh dengan pengorbit/kembali di orbit bulan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Misi Chang’e 6 kemudian akan memulai perjalanan pulangnya. Setelah kira-kira lima hari penerbangan, kapsul kembali akan memasuki kembali atmosfer bumi dan mendarat di wilayah Siziwang Banner di Mongolia Dalam, China utara. Keseluruhan misi akan berlangsung selama 53 hari, mulai dari peluncurannya pada 3 Mei hingga kembalinya kapsul berisi sampel ke Bumi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Zona pendaratan 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Sebagai struktur benturan terbesar dan tertua di bulan, cekungan SPA adalah salah satu lokasi dengan prioritas tertinggi untuk eksplorasi bulan di masa depan dan pengembalian sampel bulan. Salah satu kandidat lokasi pendaratan Chang’e 6 adalah “cryptomare”, hamparan endapan vulkanik yang sebagian tersembunyi oleh kawah atau fitur lainnya, di selatan cekungan Apollo, yang disebut Wilayah 1. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Beijing: Sanksi Terhadap Perusahaan dan Individu AS Sudah Sah

Area tersebut tidak hanya masuk dalam agenda zona pendaratan Change’6: Misi bulan NASA yang potensial, Endurance, dirancang untuk melintasi cekungan melalui pusatnya, dan juga mengembalikan sampel dari area tersebut. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sampel-sampel yang dikumpulkan oleh misi-misi ini akan memberikan data kebenaran dasar yang penting untuk menilai sejarah termal awal sisi jauh bulan, dan perbandingannya dengan sampel dari sisi dekat bulan yang dikumpulkan oleh misi Chang’e 5 China dan upaya Apollo berawak NASA juga akan membantu untuk mengungkap penyebab asimetri hemisferis endapan dataran basal luas dan rata di permukaan bulan, kata para ilmuwan. 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ مَغْرِبَ الشَّمْسِ وَجَدَهَا تَغْرُبُ فِي عَيْنٍ حَمِئَةٍ وَوَجَدَ عِندَهَا قَوْمًا ۗ قُلْنَا يَا ذَا الْقَرْنَيْنِ إِمَّا أَن تُعَذِّبَ وَإِمَّا أَن تَتَّخِذَ فِيهِمْ حُسْنًا الكهف [86] Listen
Until, when he reached the setting of the sun, he found it [as if] setting in a spring of dark mud, and he found near it a people. Allah said, "O Dhul-Qarnayn, either you punish [them] or else adopt among them [a way of] goodness." Al-Kahf ( The Cave ) [86] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi