Sabtu, 15/06/2024 - 11:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Norwegia jadi Negara Pertama yang Nyatakan Siap Tangkap Netanyahu

OSLO – Norwegia pada Selasa (21/5/2024) menjadi negara Eropa pertama yang secara terbuka mengumumkan bahwa mereka akan menangkap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant. Hal itu bakal dilakukan jika surat perintah penangkapan pada akhirnya dikeluarkan oleh Mahkamah Pidana Internasional (ICC) dan kedua penjahat perang itu mendarat di wilayahnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Jika surat perintah penangkapan dikeluarkan terhadap Netanyahu dan Gallant atas nama Pengadilan Den Haag, kami akan diwajibkan untuk menangkap mereka jika mereka tiba di negara tersebut. Norway,” ujar Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide, sehari setelah pernyataan jaksa utama ICC Karim Khan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Pengadilanlah yang memutuskan apakah akan mengeluarkan surat perintah penangkapan. Jika demikian, semua negara penandatangan harus mengambil tindakan,” tambah Menteri Luar Negeri Norwegia, dilansir situs Israel Yedioth Ahronoth.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Namun, menurut Yedioth Ahronoth, hal tersebut sejauh ini merupakan ancaman kosong, mengingat tidak ada perdana menteri atau menteri pertahanan Israel yang berani segera mengunjungi Norwegia. Negara itu bersama dengan Spanyol dan Irlandia dianggap sebagai salah satu negara yang paling bermusuhan dengan Israel di Eropa. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Kabinet Perang Netanyahu Dilaporkan Sepakat Hentikan Serangan ke Rafah

Berbeda dengan Norwegia, Inggris mengkritik keputusan Khan, dan khususnya kesetaraan antara Netanyahu dan Gallant dan para pemimpin Hamas, Yahya Sinwar, Muhammad Deif dan Ismail Haniyeh. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Seluruh negara di Eropa, terkecuali Turki, saat ini telah meratifikasi Statuta Roma. Artinya, mereka merupakan anggota ICC dan berkewajiban menjalankan putusan mahkamah tersebut. Norwegia menekankan, Netanyahu harus ditangkap jika ia menginjakkan kaki ke Eropa semisal nantinya surat penangkapan ICC diterbitkan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Pada Senin (20/5/2024) Amir Khan mengatakan dalam pernyataan resminya bahwa ia meyakini Netanyahu dan menteri pertahanannya Yoav Gallant bertanggung jawab atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Jalur Gaza dan Israel.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Kahn mengatakan bahwa dakwaan tersebut ditujukan untuk kejahatan “menyebabkan pemusnahan, menyebabkan kelaparan sebagai metode perang termasuk persetujuan pasokan bantuan kemanusiaan, dengan sengaja menargetkan warga sipil dalam konflik.”

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Dari Paris ke Jepang, Suara Mahasiswa Menggema Lantang Bela Palestina 

Ia menyatakan, bukti-bukti menumpuk terkait kejahatan perang Israel di Gaza. Hal itu diantaranya terungkap dari wawancara dengan penyintas dan saksi mata serangan brutal di Gaza, pakar, citra satelit, dan pernyataan pejabat Israel. “Termasuk dua pejabat yang diajukan untuk ditangkap,” katanya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Netanyahu pada awal-awal serangan ke Gaza sempat menyebut warga Gaza sebagai “Amalek”. Suku kuno tersebut dalam Alkitab disebut dimusnahkan secara total oleh Bani Israel. Sementara Gallant menyatakan bahwa dalam serangan ke Gaza, IDF sedang berperang dengan “manusia binatang”.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kahn mengatakan dia juga mengajukan surat perintah penangkapan terhadap pemimpin Hamas Yahya Sinwar, Mohammad Deif, dan Ismail Haniyeh. “Hari ini kami telah mengajukan surat perintah ke majelis praperadilan pengadilan internasional pidana sehubungan dengan tiga orang yang merupakan anggota Hamas,” kata Kahn.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَكَيْفَ تَصْبِرُ عَلَىٰ مَا لَمْ تُحِطْ بِهِ خُبْرًا الكهف [68] Listen
And how can you have patience for what you do not encompass in knowledge?" Al-Kahf ( The Cave ) [68] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi