Rabu, 19/06/2024 - 01:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Dua Golongan Umat Muslim yang Tidak akan Dapat Syafaat Nabi Muhammad

JAKARTA — Ada beberapa faktor utama yang dapat menghalangi seseorang dari mendapatkan syafa’at di Hari Kiamat. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW menyebut dua golongan dari umat Muslim yang tidak akan memperoleh syafaat beliau SAW.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Berikut ini bunyi haditsnya:

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

عن أبي أمامة رضي الله عنه قال: قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: صنفان من أمتي لن تنالهما شفاعتي: إمام ظلوم، وكل غالٍ مارق

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Diriwayatkan dari Abu Umamah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Ada dua macam umatnya yang tidak akan mendapatkan syafaat dariku, yaitu pemimpin yang zalim, dan orang yang bersikap berlebih-lebihan (dalam beragama).” (HR Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir)

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Hadits tersebut memberikan sebuah pesan, prinsip dasar seorang pemimpin adalah menjaga hak-hak rakyatnya. Ini karena pemimpin merupakan penerus untuk menegakkan hukum Allah SWT dalam berbagai bentuk, misalnya melalui peraturan perundang-undangan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Hadits Abu Hurairah menyebutkan, bahwa pemimpin yang adil itu termasuk tujuh orang yang akan diberikan keteduhan pada Hari Kiamat kelak. Rasulullah SAW bersabda, “Tujuh orang akan dinaungi Allah SWT pada Hari Kiamat di bawah bayang-bayang-Nya, (sebab) pada hari itu tidak ada bayangan kecuali bayangan-Nya.” (HR Bukhari)

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Kepada Para Ayah, Saatnya Belajar dari Luqman

Dalam Shahih Bukhari dan Muslim, terdapat riwayat dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ في ظِلِّهِ يَوْمَ لا ظِلَّ إلَّا ظِلُّهُ: إِمامٌ عادِلٌ، وشابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ اللَّه تَعالى، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ في المَسَاجِدِ، وَرَجُلانِ تَحَابَّا في اللَّه: اجتَمَعا عَلَيهِ، وتَفَرَّقَا عَلَيهِ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ: إِنِّي أَخافُ اللَّه، ورَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فأَخْفَاها، حتَّى لا تَعْلَمَ شِمالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينهُ، ورَجُلٌ ذَكَرَ اللَّه خالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“Ada tujuh golongan manusia yang nanti  akan dinaungi Allah dalam naungan ‘Arsy-Nya pada hari yang tiada naungan selain naungan Allah, yaitu: Pertama, pemimpin yang adil dan jujur.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Kedua, seorang laki-laki yang diajak berselingkuh oleh seorang perempuan cantik dan berpangkat, lalu dia mengatakan ‘aku takut kepada Allah rabbal ‘alamin’. Ketiga, seseorang yang hatinya tertambat di masjid-masjid.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Waktu Terbaik Baca Alquran Usai Shalat Subuh, Ini Alasannya

Keempat, seseorang yang mempelajari Alquran sejak muda dan terus dibacanya sampai tua. Kelima, seseorang yang merahasiakan sedekahnya sehingga apa yang diberikan oleh tangan kanannya tidak diketahui oleh tangan kirinya.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Keenam, seseorang yang ingat kepada Allah (berdzikir) di tengah-tengah orang banyak sambil melelehkan air matanya karena takut kepada Allah SWT. Ketujuh, dua orang yang masing-masing bermaksud menjalin persaudaraan karena Allah, lalu berpisah juga dalam keadaan demikian.” (Muttafaqun ‘alaih)

Aisyah RA meriwayatkan bahwa dirinya pernah mendengar Rasulullah SAW mengucapkan doa di rumahnya. Beliau SAW berdoa sebagaimana berikut ini:

اللَّهُمَّ مَنْ وَلِيَ مِن أَمْرِ أُمَّتِي شَيْئًا فَشَقَّ عَلَيْهِمْ، فَاشْقُقْ عَلَيْهِ وَمَنْ وَلِيَ مِن أَمْرِ أُمَّتِي شَيْئًا فَرَفَقَ بِهِمْ، فَارْفُقْ بِهِ

“Ya Allah, siapa yang menjabat suatu jabatan untuk mengurusi umatku lalu dia mempersulit mereka, maka persulit jugalah dia. Dan siapa yang menjabat suatu jabatan untuk mengurusi umatku lalu dia berusaha menolong mereka, maka tolong pulalah dia.” (HR. Muslim)

Sumber:

https://islamqa.info/ar/answers/9566/%D9%85%D8%A7-%D9%87%D9%88-%D8%A7%D9%84%D9%81%D8%B1%D9%82-%D8%A8%D9%8A%D9%86-%D8%B9%D8%B1%D8%B4-%D8%A7%D9%84%D8%B1%D8%A8-%D9%88%D9%83%D8%B1%D8%B3%D9%8A%D9%87

https://www.alukah.net/sharia/1061/53771/

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

هُنَالِكَ الْوَلَايَةُ لِلَّهِ الْحَقِّ ۚ هُوَ خَيْرٌ ثَوَابًا وَخَيْرٌ عُقْبًا الكهف [44] Listen
There the authority is [completely] for Allah, the Truth. He is best in reward and best in outcome. Al-Kahf ( The Cave ) [44] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi