Rabu, 19/06/2024 - 14:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Jumlah Sperma Menurun Selama Beberapa Dekade, Apakah Mikroplastik Penyebabnya?

 JAKARTA — Ada banyak pembicaraan dalam beberapa tahun terakhir tentang penurunan jumlah sperma secara global. Penelitian terbaru menemukan bahwa jumlah sperma para pria secara global turun rata-rata 1,2 persen per tahun dari 1973 hingga 2018.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Para ilmuwan mencatat bahwa masalah ini tampaknya semakin buruk. Kini, penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Toxicological Sciences menunjukkan kemungkinan ada penyebab tersembunyi di balik hal ini, yakni mikroplastik.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Dikutip dari laman Yahoo Lifestyle, Rabu (22/5/2024), studi itu menganalisis jaringan postmortem dari 23 testis manusia dan 47 testis anjing dari hewan peliharaan yang telah dikebiri. Peneliti melarutkan sampel jaringan dan menganalisis plastik yang tersisa.  

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Mereka menemukan bahwa testis manusia memiliki konsentrasi mikroplastik sebesar 330 mikrogram per gram jaringan. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan konsentrasi mikroplastik pada anjing (123 mikrogram per gram jaringan).

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Waspada! Kekeringan Mulai Mengintai

Mikroplastik yang paling sering terdeteksi adalah polietilen, yang digunakan dalam botol dan kantong plastik, serta PVC, yang sering ditemukan pada pipa, pelapis dinding, dan peralatan kesehatan. Ini bukan pertama kalinya mikroplastik terdeteksi di testis manusia. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Penelitian kecil lain yang dilakukan pada 2023 menemukan mikroplastik di enam testis manusia, serta di 30 sampel air mani. Namun apa yang melatarbelakangi hal ini, dan bagaimana sebenarnya mikroplastik dapat berdampak pada kesuburan pria?

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Sebenarnya, belum diketahui dengan jelas apakah mikroplastik menyebabkan jumlah sperma menurun atau tidak. Terdapat juga beberapa kontroversi mengenai apakah jumlah sperma benar-benar telah menurun karena hal tersebut sulit untuk diukur.  

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Akan tetapi, beberapa penelitian yang menemukan penurunan jumlah sperma seiring berjalannya waktu adalah studi yang valid. Xiaozhong Yu, salah satu penulis penelitian tentang temuan mikroplastik di testis dan sperma mengatakan ada beberapa faktor di balik rendahnya jumlah sperma.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Lautan Kehilangan Dua Persen Oksigen, Apa Dampaknya?

“Bisa karena perubahan gaya hidup, polusi lingkungan, dan kondisi kesehatan,” kata Yu yang merupakan profesor serta spesialis kesehatan lingkungan di Universitas New Mexico.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Selain itu, Yu mengatakan tim peneliti baru dalam tahap awal untuk memahami dampak mikroplastik terhadap kesuburan pria. Mekanisme pastinya belum jelas, meski ada hipotesis bahwa mikroplastik dapat mempengaruhi kesuburan dengan menyebabkan kerusakan fisik pada penghalang darah-testis atau dengan mengganggu fungsi endokrin.  

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Mikroplastik mungkin juga membawa bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu keseimbangan hormonal, sehingga berpotensi mempengaruhi produksi dan kualitas sperma,” tutur Yu.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Unsur tertentu memengaruhi….

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالَ فَإِنِ اتَّبَعْتَنِي فَلَا تَسْأَلْنِي عَن شَيْءٍ حَتَّىٰ أُحْدِثَ لَكَ مِنْهُ ذِكْرًا الكهف [70] Listen
He said, "Then if you follow me, do not ask me about anything until I make to you about it mention." Al-Kahf ( The Cave ) [70] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi