Sabtu, 22/06/2024 - 12:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Perilaku Sederhana Berpahala untuk Sesama Muslim

Ilustrasi sesama Muslim saling mendoakan.

 JAKARTA — Perilaku baik bernilai ibadah yang terus dilakukan akan bermanfaat bagi orang lain. Setiap umat Muslim yang beriman pasti selalu mencari cara untuk bisa menambah pahala bagi dirinya. 

Amal dalam Islam mengacu pada segala tindakan baik, perbuatan shaleh, dan ibadah yang dilakukan dengan niat ikhlas semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Amalan yang dilakukan seseorang juga hendaknya tidak terfokus untuk diri sendiri, tetapi juga bisa berguna bagi orang lain.

Berikut perilaku baik yang bisa dilakukan untuk menambah kebaikan.

Pertama, menyayangi hewan

Islam memandang hewan sebagai makhluk Allah yang layak untuk diperlakukan dengan kasih sayang, belas kasihan, dan penuh perhatian. Salah satu bentuk kasih sayang terhadap hewan adalah dengan memberi makanan dan minuman, tidak melakukan kekerasan, menyediakan tempat yang layak, dan lain sebagainya. 

Berita Lainnya:
Tiga Karakter Harus Dimiliki Umat Islam

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melewati seekor unta yang punggungnya menempel dengan perutnya (artinya: kelihatan begitu kurus karena tidak terurus). Beliau bersabda:

اتَّقُوا اللَّهَ فِى هَذِهِ الْبَهَائِمِ الْمُعْجَمَةِ فَارْكَبُوهَا صَالِحَةً وَكُلُوهَا صَالِحَةً

Bertakwalah kalian kepada Allah pada binatang-binatang ternak yang tak bisa berbicara ini. Tunggangilah ia dengan baik-baik, makanlah pula dengan cara yang baik. (HR. Abu Daud).

Kedua, membantu orang kurang mampu

Islam tidak hanya memandang bantuan kepada sesama sebagai tindakan mulia, tetapi juga sebagai kewajiban moral yang harus dipenuhi oleh setiap Muslim, terutama membantu orang yang kurang mampu. 

Dalam Alquran maupun hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam terdapat banyak perintah dan contoh yang menggarisbawahi pentingnya kepedulian dan keterbagian dalam membantu orang-orang yang membutuhkan. Salah satunya dalam Surat Al-Baqarah ayat 273 Allah ta’ala berfirman:

Berita Lainnya:
Prof Quraish Shihab Jelaskan Cara Islam Posisikan Lingkungan, Alam Raya Bagai Satu Tubuh

لِلْفُقَرَاءِ الَّذِينَ أُحْصِرُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ لَا يَسْتَطِيعُونَ ضَرْبًا فِي الْأَرْضِ يَحْسَبُهُمُ الْجَاهِلُ أَغْنِيَاءَ مِنَ التَّعَفُّفِ تَعْرِفُهُمْ بِسِيمَاهُمْ لَا يَسْأَلُونَ النَّاسَ إِلْحَافًا ۗ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

 

(Berinfaklah) kepada orang-orang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Allah; mereka tidak dapat (berusaha) di bumi; orang yang tidak tahu menyangka mereka orang kaya karena memelihara diri dari meminta-minta. Kamu kenal mereka dengan melihat sifat-sifatnya, mereka tidak meminta kepada orang secara mendesak. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 273)

 

KETIGALihat halaman berikutnya >>>

 

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَتَحْسَبُهُمْ أَيْقَاظًا وَهُمْ رُقُودٌ ۚ وَنُقَلِّبُهُمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَذَاتَ الشِّمَالِ ۖ وَكَلْبُهُم بَاسِطٌ ذِرَاعَيْهِ بِالْوَصِيدِ ۚ لَوِ اطَّلَعْتَ عَلَيْهِمْ لَوَلَّيْتَ مِنْهُمْ فِرَارًا وَلَمُلِئْتَ مِنْهُمْ رُعْبًا الكهف [18] Listen
And you would think them awake, while they were asleep. And We turned them to the right and to the left, while their dog stretched his forelegs at the entrance. If you had looked at them, you would have turned from them in flight and been filled by them with terror. Al-Kahf ( The Cave ) [18] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi