Sabtu, 27/07/2024 - 08:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Perilaku Sederhana Berpahala untuk Sesama Muslim

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Ilustrasi sesama Muslim saling mendoakan.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

 JAKARTA — Perilaku baik bernilai ibadah yang terus dilakukan akan bermanfaat bagi orang lain. Setiap umat Muslim yang beriman pasti selalu mencari cara untuk bisa menambah pahala bagi dirinya. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Amal dalam Islam mengacu pada segala tindakan baik, perbuatan shaleh, dan ibadah yang dilakukan dengan niat ikhlas semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Amalan yang dilakukan seseorang juga hendaknya tidak terfokus untuk diri sendiri, tetapi juga bisa berguna bagi orang lain.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Berikut perilaku baik yang bisa dilakukan untuk menambah kebaikan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Pertama, menyayangi hewan

Islam memandang hewan sebagai makhluk Allah yang layak untuk diperlakukan dengan kasih sayang, belas kasihan, dan penuh perhatian. Salah satu bentuk kasih sayang terhadap hewan adalah dengan memberi makanan dan minuman, tidak melakukan kekerasan, menyediakan tempat yang layak, dan lain sebagainya. 

Berita Lainnya:
Akhlak Nabi Muhammad di Kala Perang dan Menang
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melewati seekor unta yang punggungnya menempel dengan perutnya (artinya: kelihatan begitu kurus karena tidak terurus). Beliau bersabda:

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

اتَّقُوا اللَّهَ فِى هَذِهِ الْبَهَائِمِ الْمُعْجَمَةِ فَارْكَبُوهَا صَالِحَةً وَكُلُوهَا صَالِحَةً

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Bertakwalah kalian kepada Allah pada binatang-binatang ternak yang tak bisa berbicara ini. Tunggangilah ia dengan baik-baik, makanlah pula dengan cara yang baik. (HR. Abu Daud).

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Kedua, membantu orang kurang mampu

Islam tidak hanya memandang bantuan kepada sesama sebagai tindakan mulia, tetapi juga sebagai kewajiban moral yang harus dipenuhi oleh setiap Muslim, terutama membantu orang yang kurang mampu. 

Dalam Alquran maupun hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam terdapat banyak perintah dan contoh yang menggarisbawahi pentingnya kepedulian dan keterbagian dalam membantu orang-orang yang membutuhkan. Salah satunya dalam Surat Al-Baqarah ayat 273 Allah ta’ala berfirman:

Berita Lainnya:
Nasib Nahas Tokoh Yahudi yang Hina Alquran

لِلْفُقَرَاءِ الَّذِينَ أُحْصِرُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ لَا يَسْتَطِيعُونَ ضَرْبًا فِي الْأَرْضِ يَحْسَبُهُمُ الْجَاهِلُ أَغْنِيَاءَ مِنَ التَّعَفُّفِ تَعْرِفُهُمْ بِسِيمَاهُمْ لَا يَسْأَلُونَ النَّاسَ إِلْحَافًا ۗ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

 

(Berinfaklah) kepada orang-orang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Allah; mereka tidak dapat (berusaha) di bumi; orang yang tidak tahu menyangka mereka orang kaya karena memelihara diri dari meminta-minta. Kamu kenal mereka dengan melihat sifat-sifatnya, mereka tidak meminta kepada orang secara mendesak. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 273)

 

KETIGALihat halaman berikutnya >>>

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَلَوْلَا إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَاءَ اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ ۚ إِن تَرَنِ أَنَا أَقَلَّ مِنكَ مَالًا وَوَلَدًا الكهف [39] Listen
And why did you, when you entered your garden, not say, 'What Allah willed [has occurred]; there is no power except in Allah '? Although you see me less than you in wealth and children, Al-Kahf ( The Cave ) [39] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi