Selasa, 18/06/2024 - 13:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Cina Memulai Hari Kedua Latihan Perang di Sekitar Taiwan

BEIJING — Militer Cina memulai hari kedua latihan perang di sekitar Taiwan. Cina mengatakan latihan yang dianggap bertujuan menekan Presiden Lai Ching-te ini untuk menguji kemampuan mereka untuk “merebut kekuasaan” dan menguasai daerah tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Latihan dua hari di Selat Taiwan dan kepulauan sekitarnya dekat pesisir Cina digelar tiga hari setelah Lai dilantik. Taiwan mengecam langkah Cina tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Cina yang menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya, menyebut Lai sebagai “separatis” dan mengecam pidato pelantikannya Senin (20/5/2024) lalu. Dalam pidato itu Lai mengatakan Beijing harus menghentikan ancamannya dan kedua belah pihak “tidak tunduk pada satu dengan yang lain.”

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Dalam pernyataan singkatnya, Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengatakan pasukannya melanjutkan latihan yang dinamakan “Joint Sword – 2024A.” “Latihan ini untuk menguji kemampuan bersama merebut kekuasaan, meluncurkan serangan gabungan dan menduduki wilayah-wilayah kunci,” kata Komando Teater Timur, Jumat (24/5/2024).

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Cina tidak pernah membuang kemungkinan menggunakan kekuatan untuk menegaskan kedaulatannya di Taiwan. Angkatan bersenjata Taiwan dimobilisasi untuk memantau dan membayangi pasukan Cina.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Israel Dibantu Tim Amerika Bebaskan 4 Sandera di Nuseirat, 200 Warga Palestina Terbunuh

Kementerian Pertahanan Taiwan mempublikasikan foto-foto F-16 yang dilengkapi rudal berpatroli di ruang udara Taiwan. Kementerian juga merilis foto-foto kapal penjaga pantai Cina yang turut berpartisipasi dalam latihan gabungan dan kapal kelas corvette Jiangdao, meski tidak mengatakan kapan tepatnya foto-foto itu diambil.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Cina berulang kali menolak tawaran Lai untuk berbicara. Lai menegaskan hanya rakyat Taiwan yang berhak memutuskan masa depan mereka dan menolak klaim kedaulatan Beijing. Taiwan terbiasa dengan ancaman militer Cina dan latihan terbaru tidak membunyikan alarm peringatan di pulau itu. Kehidupan sehari-hari warga juga berjalan normal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Di media sosial Cina, Weibo, “Komando Teater” menjadi kata yang paling banyak dicari. Sebagian besar komentar mendukung latihan gabungan itu. Kata “kembalinya Taiwan” menjadi topik lain yang juga banyak diperbincangkan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Setelah kalah dari komunis Mao Zedong dalam perang sipil tahun 1949, kelompok nasionalis Cina melarikan diri ke Taiwan dan mendirikan Republik Cina. Taiwan masih menggunakan Republik Cina sebagai nama resminya meski hanya 12 negara kecil dan miskin yang mengakuinya secara diplomatik, seperti Palau dan Guatemala.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Kapalnya Ditabrak di Laut Cina Selatan, Filipina Bertekad Lawan Cina

Dalam tajuknya surat kabar pemerintah Cina, People’s Daily mengatakan rakyat Cina yakin wilayah bangsa tidak bisa dipecah belah, negara tidak boleh terlempar kekacauan dan rakyat tidak boleh dipisahkan. Surat kabar itu menambahkan tindakan “pemimpin wilayah Taiwan” baru-baru ini hanya akan mempercepat “kehancuran” pasukan pro-kemerdekaan Taiwan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

People’s Daily mengatakan Cina bersedia menciptakan “ruang luas untuk reunifikasi damai” tapi tidak pernah membiarkan ruang “aktivitas separatis” di Taiwan. Pengamat, diplomat di kawasan dan pejabat pemerintah Taiwan mencatat skala latihan kali ini lebih kecil dibandingkan latihan serupa pada 2022.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Taiwan dan pemerintah asing juga sudah mengantisipasi latihan tahun ini tapi mereka mengakui masih terdapat resiko insiden atau kesalahan kalkulasi. Mereka mengatakan Beijing mengirimkan peringatan yang dikalibrasi dengan baik bahwa pasukan Cina dapat mencoba melakukan blokade yang cepat jika mereka ingin membuat Lai menyerah. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنزَلَ عَلَىٰ عَبْدِهِ الْكِتَابَ وَلَمْ يَجْعَل لَّهُ عِوَجًا ۜ الكهف [1] Listen
[All] praise is [due] to Allah, who has sent down upon His Servant the Book and has not made therein any deviance. Al-Kahf ( The Cave ) [1] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi