Rabu, 19/06/2024 - 01:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Bukan Cuma Pemulihan Fisik, Ibu Juga Butuh Dukungan Mental Pascamelahirkan

JAKARTA — Seorang perempuan yang baru saja melahirkan tidak hanya membutuhkan bantuan secara fisik, tetapi juga dukungan mental. Sayangnya, masih banyak ibu baru yang berjuang menghadapi kurangnya perawatan yang memadai pada bulan-bulan setelah kedatangan bayi. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dikutip dari laman Women’s Health, Sabtu (25/5/2024), sebuah laporan yang dirilis oleh All-Party Parliamentary Group (APPG) mengungkap banyaknya insiden kelahiran traumatis di Inggris. Laporan itu menyerukan pentingnya layanan pascapersalinan yang lebih baik.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Dalam banyak kasus, trauma disebabkan oleh kesalahan dan kegagalan yang dilakukan sebelum dan selama persalinan. Sering kali ada kesalahan yang ditutup-tutupi oleh rumah sakit sehingga menggagalkan upaya orang tua untuk mendapatkan solusinya,” demikian bunyi dokumen tersebut. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Kehamilan dan persalinan sama-sama bersifat transformasional dan traumatis, dalam skala yang belum tentu dipersiapkan oleh para perempuan. Bahkan, banyak perempuan tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Hal itu pun tidak tertolong karena terputusnya kesinambungan perawatan.  

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Dokter Tegaskan Pentingnya Keamanan Pangan Cegah Penyakit pada Anak

Dokter kandungan Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), Pavan Minhas, menyebutkan sejumlah komplikasi pascamelahirkan yang mungkin terjadi. Selain masalah kesehatan mental, sejumlah komplikasi fisik juga dapat timbul setelah kelahiran.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Delapan persen perempuan mengidap prolaps (penggembungan atau keluarnya bagian tubuh dari dubur atau vagina) pascamelahirkan. Sementara, 33 persen mengalami inkontinensia urine (hilangnya kontrol kandung kemih), dan hingga 60 persen mengalami diastasis recti (otot perut terpisah).

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Ada juga banyak gejala yang tidak terduga, seperti tubuh mati rasa, jantung berdebar, sakit perut parah, keringat malam, hingga jerawat yang berubah menjadi kista dalam semalam. Akses rutin terhadap layanan kesehatan pun lazimnya menurun setelah beberapa pekan pertama pascapersalinan.  

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Bolehkah Area Kewanitaan Diberi Antiseptik? Dokter Bilang Begini

“Berbagai risiko yang ada berkurang secara signifikan setelah 12 pekan, seiring dengan kembali seimbangnya hormon, faktor pembekuan menjadi normal, dan rahim mengecil ke ukuran normal. Namun, konsultasi enam hingga delapan pekan pascakelahiran yang dilakukan oleh dokter sangat penting,” kata Minhas.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Selain penyembuhan fisik pascapersalinan, pemulihan mental juga sangat penting. Dukungan itu bisa didapat dari pasangan, keluarga, teman-teman, tetangga, atau profesional kesehatan. Mengingat dukungan keluarga tidak selalu tersedia bagi setiap perempuan yang baru melahirkan, adanya dukungan sosial amat penting. Jika tidak ada dukungan dari mana pun, risiko depresi dan kecemasan pascapersalinan meningkat. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالَ فَإِنِ اتَّبَعْتَنِي فَلَا تَسْأَلْنِي عَن شَيْءٍ حَتَّىٰ أُحْدِثَ لَكَ مِنْهُ ذِكْرًا الكهف [70] Listen
He said, "Then if you follow me, do not ask me about anything until I make to you about it mention." Al-Kahf ( The Cave ) [70] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi