Senin, 17/06/2024 - 15:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat di Wilayah Indonesia Ini

JAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan status waspada potensi hujan lebat melanda seluruh daerah dari lima provinsi di Kalimantan dan enam provinsi di Papua.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam laman resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Ahad (26/5/2024), menyebutkan untuk Pulau Kalimantan daerah yang berstatus waspada itu meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Kemudian, untuk Pulau Papua meliputi Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Hasil analisa cuaca BMKG diketahui sebagian besar daerah di Kalimantan akan hujan ringan dan hujan disertai petir pada pagi hari hingga dini hari dengan suhu 24-32 celcius dan kelembapan 75-100 persen. Yakni di Balikpapan, Samarinda, Penajam, Sendawar, Sangeta, Tanah Grgot, Tanjung Redep, Bontang, Banjarbaru, Banjarmasin, Batulicin, Kota Baru, Marabahan, Martapura, Malinau, Nunukan, Tanjung Selor, Tarakan, hingga Kapuas Hulu.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Sementara untuk hasil analisa cuaca BMKG pada sebagian besar daerah di Papua akan berawan dan hujan intensitas ringan-sedang pada pagi hari dengan suhu 23-31 celsius dan kelembapan 65-95 persen. Antara lain di Asmat, Biak Numfor, Boven Digoel-Tanah Merah, Deiyai, Dogiyai, Jayawijaya, Intan Jaya, Jayapura, Puncak Jaya, Puncak, Yalimo, Yahukimo, Keerom, Kepulauan Memberamo Raya, hingga Marauke dan Mimika.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
BMKG: Hujan Guyur Mayoritas Kota Besar di Indonesia

Hujan intensitas ringan hingga sedang akan melanda sejumlah daerah di Papua pada malam dan dini hari. Yakni di wilayah Asmat, Biak Numfor, Jayawijaya, Deiyai, Dogiyai, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Ndunga, hingga Lanny Jaya. Masing-masing dengan suhu 16-24 celcius dan kelembapan 65-95 persen.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Peringatan dini waspada dampak hujan dengan intensitas sedang juga diprakirakan melanda Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Maluku dan Maluku Utara. Sementara untuk wilayah DKI Jakarta sebagian besar cerah-cerah berawan pada pagi hingga dini hari, dengan kelembaban 60-95 persen pada malam hari, dan bersuhu 24-33 derajat celcius.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
BMKG Ingatkan Wmpat Provinsi Siaga Potensi Banjir Hingga 20 Juni 2024

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan timnya juga mendeteksi selama sepekan ke depan adanya potensi banjir rob pada sejumlah wilayah. Banjir rob itu teramati berpotensi melanda antara lain; Pesisir Jakarta (Muara Baru, Jakarta Utara) 21-29 Mei 2024, Pesisir Sumatra Utara (Belawan dan sekitarnya) 21-27 Mei 2024, Pesisir Kepulauan Riau (Karimun-Batam-Dabo Singkep) 21-30 Mei 2024.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Kemudian, Pesisir Sumatra Barat (Padang-Padang Pariaman) 25 Mei 2024, Pesisir Jawa Tengah (Kota Surabaya) 22-27 Mei 2024, Pesisir NTT (Pulau Flores, Pulau Sabu, Raijua, Pesisir Selatan Pulau Timor – Rote) 20-23 Mei.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Dampak akan mempengaruhi aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat. Tim Meteorologi Maritim BMKG menilai kondisi tersebut dipicu oleh Fenomena Fase Bulan Purnama 23 Mei 2024 yang memungkinkan adanya peningkatan level air.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

sumber : Antara

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ ۖ فَمَن شَاءَ فَلْيُؤْمِن وَمَن شَاءَ فَلْيَكْفُرْ ۚ إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا ۚ وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاءٍ كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ ۚ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءَتْ مُرْتَفَقًا الكهف [29] Listen
And say, "The truth is from your Lord, so whoever wills - let him believe; and whoever wills - let him disbelieve." Indeed, We have prepared for the wrongdoers a fire whose walls will surround them. And if they call for relief, they will be relieved with water like murky oil, which scalds [their] faces. Wretched is the drink, and evil is the resting place. Al-Kahf ( The Cave ) [29] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi