Senin, 17/06/2024 - 19:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Fakta Lebah Madu: Perlu Hinggap di 4 Juta Bunga untuk Hasilkan 1 Kg Madu

JAKARTA — Lebah madu punya peran penting dalam kelangsungan hidup umat manusia. Peran itu adalah sebagai penyerbuk, yang pada akhirnya akan menyediakan pangan, ketahanan pangan dan nutrisi, pertanian berkelanjutan, keanekaragaman hayati, mitigasi perubahan iklim, juga lingkungan yang sehat. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Lebah dianggap sebagai kunci dalam melestarikan keanekaragaman hayati. Dalam kitab suci Alquran, lebah pun diabadikan dalam surat tersendiri, yakni An-Nahl. Dikutip dari laman Newshub, Ahad (26/5/2024), ada banyak fakta menarik tentang lebah madu.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Satwa ini telah dikenal oleh manusia sejak beberapa ribu tahun yang lalu, yang lambat-laun dimanfaatkan dalam pembudidayaan. Namun, berbagai studi memprediksi bahwa lebah telah memproduksi madu setidaknya selama 150 juta tahun. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Terdapat delapan spesies lebah madu yang saat ini teridentifikasi, dengan total 43 subspesies. Lebah madu memproduksi dan menyimpan madu yang dihasilkan dari nektar bunga. Lebah menggunakan antenanya untuk mencium aroma nektar, dan dapat mendeteksi nektar dari jarak dua kilometer. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Bayi Bernama Kim Suho Dinilai Punya Wajah Mirip V BTS, Sang Ibu 'Diteror' Habis-habisan

Dalam satu kali sesi perjalanan dari sarangnya untuk mengumpulkan madu, seekor lebah madu akan mengunjungi antara 50 hingga 100 bunga. Untuk bisa menghasilkan satu kilogram madu, para lebah harus mengunjungi sekitar empat juta bunga.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Satu sarang lebah madu dapat menghasilkan madu hingga 150 kilogram per tahun. Namun, seekor lebah pekerja hanya menghasilkan sekitar 0,8 gram madu seumur hidupnya, sehingga bisa dibayangkan berapa ekor lebah madu yang bahu-membahu mengumpulkan madu. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Banyak negara di dunia punya perhatian khusus soal pelestarian lebah, bahkan merayakan hari lebah sedunia yang jatuh setiap 20 Mei. Salah satunya adalah Selandia Baru. Kepala Eksekutif Apiculture Selandia Baru, Karin Kos, mengatakan lebah madu memainkan peran penting dalam komunitas dan perekonomian Selandia Baru. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Permintaan Maaf Jin BTS atas Kontroversi 1.000 Pelukan

“Lebah madu tidak hanya memberi kita sumber makanan alami yang baik, namun juga berperan penting sebagai penyerbuk komersial di sektor pertanian dan hortikultura,” ujar Kos. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Dia menyerukan seluruh kalangan terus meningkatkan kesadaran terkait ancaman yang dihadapi populasi lebah. Kos berharap banyak orang mau belajar lebih banyak tentang peran penting lebah dan bagaimana manusia dapat membantu lebah dan mendukung pelestarian lebah. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَوُضِعَ الْكِتَابُ فَتَرَى الْمُجْرِمِينَ مُشْفِقِينَ مِمَّا فِيهِ وَيَقُولُونَ يَا وَيْلَتَنَا مَالِ هَٰذَا الْكِتَابِ لَا يُغَادِرُ صَغِيرَةً وَلَا كَبِيرَةً إِلَّا أَحْصَاهَا ۚ وَوَجَدُوا مَا عَمِلُوا حَاضِرًا ۗ وَلَا يَظْلِمُ رَبُّكَ أَحَدًا الكهف [49] Listen
And the record [of deeds] will be placed [open], and you will see the criminals fearful of that within it, and they will say, "Oh, woe to us! What is this book that leaves nothing small or great except that it has enumerated it?" And they will find what they did present [before them]. And your Lord does injustice to no one. Al-Kahf ( The Cave ) [49] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi