Senin, 17/06/2024 - 16:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Film Suanggi: Ilmu Terkutuk Eksplorasi Kisah Horor di Tanah Papua

JAKARTA — Rumah produksi Mutiara Films akan memulai produksi film horor pertama dari Indonesia timur berjudul Suanggi: Ilmu Terkutuk. Kisahnya didasari oleh kepercayaan yang berkembang di tanah Papua, mengenai orang-orang yang memiliki ilmu hitam untuk membunuh musuhnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Film ini akan berfokus pada Beni yang diperankan oleh Pangeran Lantang, seorang mantan penyanyi yang terlilit utang ratusan juta. “Dia ingin pulang ke tanah kelahirannya untuk menjenguk ibu angkatnya yang sedang sakit, tapi dia sebenarnya ingin mencuri harta ibu angkatnya,” ungkap sutradara Dom Dharmo dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (25/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Beni mengajak kekasihnya ke kampung halamannya, Gia yang diperankan oleh Carissa Perusset. Niat buruk Beni tidak diketahui oleh Gia sehingga ketika ada kiriman teror terhadap Beni, Gia pun tidak mengerti.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Beni dikirimkan oleh sihir Aroba yang merupakan seorang Suanggi. Karena selama ini, keluarga ibu angkatnya itu dijaga oleh kakak angkatnya, Maria (Stany Imbiri), mantan biarawati yang memilih keluar dari biara karena harus menjaga dan merawat ibu angkat Beni.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Joko Anwar Gandeng 3 Sutradara Muda Garap Serial ‘Nightmares and Daydreams’

Mitos dan legenda Suanggi merupakan salah satu contoh dari warisan budaya non benda Indonesia, sebagai bagian dari cerita rakyat dan kepercayaan yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lain. Begitu sakral dan tabunya legenda Suanggi ini, membuat Mutiara Films dan Subtube Studio tertarik mengangkat ke layar lebar.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Papua itu luas dari pesisir sampai pegunungan, sebelum agama masuk itu sudah ada adat dengan ilmu-ilmu yang dipelajari yang sebenarnya baik. Tapi karena disalahgunakan, mereka gunakan ilmu itu untuk membunuh, ketika menggunakan ilmu ini mereka bisa berubah, lalu setelah selesai dia bisa kembali lagi seperti manusia,” ujar komika Yewen yang berasal dari tanah Papua.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Selama ini, kisah horor mungkin identik dengan Pulau Jawa, bisa dikatakan masih jarang film yang mengeksplorasi dunia horor luar Jawa apalagi Indonesia timur. Biasanya film Indonesia timur yang ada menceritakan soal ketertinggalan mereka, atau alam-alamnya yang indah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Lebih Seram dari Film Horor, Begini Cara Munkar Nakir Melakukan Siksa Kubur

“Kenapa pilih Suanggi? Ini merupakan kearifan lokal dari Indonesia Timur yang punya berbagai macam penafsiran. Kemudian, ide itu kami bawa bertemu Dom Dharmo. Mungkin ada satu tahun setengah kami berincang tentang film ini,” kata produser sekaligus pemeran Frans di film Suanggi: Ilmu Terkutuk, Bona Pascal.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Syuting dimulai pada 27 Mei 2024 dengan lokasi pertama di Puncak, Bogor, Jawa Barat. Syuting di lokasi pertama akan berlangsung selama 11 hari dan tim produksi mencari lokasi yang mirip dengan vibe Papua.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Lalu nanti move ke Sorong, Papua Barat, kita akan syuting selama 14 hari. Tantangan itu ada di vibe-nya ya. Cuma dari teman-teman kita ada yang jago sehingga membuat itu menjadi mirip (seperti di Papua). Kita kemas film ini secara umum, ada drama, thriller, dan hal baru di industri perfilman indonesia,” ujar Bona.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالَ أَلَمْ أَقُل لَّكَ إِنَّكَ لَن تَسْتَطِيعَ مَعِيَ صَبْرًا الكهف [75] Listen
[Al-Khidh r] said, "Did I not tell you that with me you would never be able to have patience?" Al-Kahf ( The Cave ) [75] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi