Senin, 17/06/2024 - 23:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ingin Tetap Bugar di Usia Senja? Dokter Sarankan Ini Sejak Dini

JAKARTA — Ada beberapa hal perlu disiapkan agar seseorang tetap bugar pada masa lanjut usia (lansia). Dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dr Nina Kemala Sari mengatakan, salah satunya bisa melalui pola makan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam siaran radio berjudul “Mempersiapkan Masa Lansia Tetap Fit dan Bugar” di Jakarta, Senin (27/5/2024), Nina menyebut kebugaran tersebut perlu dipersiapkan sejak masa pralansia yaitu usia 45-60 tahun, namun lebih dini lebih baik. Dokter itu mengatakan kondisi tubuh pada saat tua adalah akumulasi dari seluruh perlakuan terhadap tubuh, sehingga makanan perlu diperhatikan sedini mungkin, bahkan sejak dalam kandungan ibu.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Makan makanan yang baik nanti untuk jangka panjang kehidupannya. Misalnya, rendah gula. Nah, kita lihat anak-anak kita betapa sekarang memakan makanan yang sangat tinggi gula, minum-minuman soft drink itu sangat tinggi gula,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Menurutnya, makanan yang tinggi gula dapat berasal dari makanan yang kaya karbohidrat, seperti nasi putih. Dia menjelaskan, restriksi kalori merupakan salah satu cara untuk hidup lebih panjang. Dia mengatakan, hal lain yang perlu dihindari adalah lemak, terutama lemak jenuh, karena dapat menumpuk dan menyumbat pembuluh darah.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Sering Ngerasa Sedih Picu Penurunan Kognitif Lansia

Adapun untuk minuman, ujarnya, perlu menghindari yang menggunakan pemanis ataupun minuman bersoda, dan sebaiknya minuman yang alami atau minuman dengan rempah-rempah. “Terutama jamu-jamuan yang memang, apalagi kalau dibuat sendiri, ya. Itu kita tahu betul apa yang kita masukkan ke sana. Misalnya pakai irisan jahe, kemudian kunyit, serai. Nah, kemudian teh pakai cengkeh, kayu manis, itu bagus sekali,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Sementara untuk buah-buahan, Nina mengatakan buah pada dasarnya bagus, namun kondisi kesehatan pribadi perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah. Misalnya, bagi diabetes, buah yang terlalu manis perlu dibatasi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Yang sangat dianjurkan, misalnya buah-buahan yang mengandung lemak tidak jenuh Seperti alpukat, itu baik sekali. Dan kemudian juga kandungan seratnya pada alpukat itu banyak. Sekitar 10 gram serat bisa kita dapat dari 1 buah alpukat,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Cara Mengatasi Kulit Kering yang Rentan Dialami Lansia

Selain itu, buah yang kaya kalium seperti pisang, jeruk, dan kurma baik untuk dikonsumsi. Dia menjelaskan, penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak untuk makan-makanan yang natural, seperti sayur dan buah, serta rendah lemak, rendah garam, kaya serat dan vitamin serta mineral, agar saat tumbuh dan berkembang hingga tua menyukainya, sehingga terbiasa memakan-makanan tersebut.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Dalam kesempatan itu, dia menyebutkan bahwa menurut Organisasi Kesehatan Dunia, proses penuaan yang sehat dapat menjaga kemampuan fungsional secara optimal, agar fungsi intrinsik seperti kapasitas fisik dan mental dapat terjaga. Menurutnya, kesehatan fisik dan mental sama-sama penting, akan tetapi untuk dapat menyiapkan fisik yang sehat, perlu mental yang siap agar dapat menciptakan pola pikir yang penuh komitmen terhadap cita-cita di akhir kehidupan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

sumber : Antara

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالَ لَهُ صَاحِبُهُ وَهُوَ يُحَاوِرُهُ أَكَفَرْتَ بِالَّذِي خَلَقَكَ مِن تُرَابٍ ثُمَّ مِن نُّطْفَةٍ ثُمَّ سَوَّاكَ رَجُلًا الكهف [37] Listen
His companion said to him while he was conversing with him, "Have you disbelieved in He who created you from dust and then from a sperm-drop and then proportioned you [as] a man? Al-Kahf ( The Cave ) [37] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi