Selasa, 18/06/2024 - 01:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Lagu ‘Kami dari 27 Bulan Mei’ Ramai Diperbincangkan di Medsos, Apa Maknanya?

JAKARTA — Lagu “Kami dari 27 Bulan Mei” menjadi trending topic di media sosial X (sebelumnya disebut Twitter), pada Senin (27/5/2024). Banyak pengguna X memakai lagu tersebut untuk mengiringi berbagai unggahan konten dan video mereka.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Salah satu warganet mengunggah adegan kartun Spongebob Squarepants yang tokohnya sedang bergitar, tapi mengganti lagunya dengan “Kami dari 27 Bulan Mei”. Ada juga yang memposting video bersama teman, swafoto, idola K-pop, tokoh anime, dan berbagai versi unik lain.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Apabila ditelusuri, sebenarnya judul lagu yang viral tersebut bukanlah “Kami dari 27 Bulan Mei”. Kalimat itu sesungguhnya merupakan penggalan lirik dari lagu milik Brother PBSU 275 yang berjudul “Tongkrongan Kami Sopan”, pada bagian tengah.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Adapun lirik yang menjadi viral adalah “Kami dari 27 bulan Mei (bulan Mei). Ayo dong bantai kami (ayo dong, Bang). Kalo elo punya nyali (kalo punya nyali yee)”.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Viralnya bagian itu terutama karena momen yang bertepatan pada 27 Mei, dan setiap tahun lagu ini konsisten digunakan dalam banyak konten. Penggalan lirik yang viral terkesan “ngeri” karena memuat kata “bantai”, juga seperti menantang di bagian “kalau punya nyali”. Meski begitu, apabila dicermati dari keseluruhan lagu, “Tongkrongan Kami Sopan” menggambarkan pertemanan dan kesetiakawanan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
BTS Ulang Tahun Ke-13 Hari Ini: Dari Debut Sederhana Hingga Jadi Bintang Dunia

Bisa dimaknai bahwa lagu itu menyiratkan bahwa anggota tongkrongan atau geng PBSU akan saling membantu dan membuktikan bahwa mereka mampu menghadapi berbagai rintangan. Mereka pun menyatakan diri sebagai “tongkrongan sopan” jika tidak diusik. Mengenai disebutnya 27 Mei, agaknya merupakan tanggal penting atau perayaan tertentu bagi geng itu.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Akan tetapi, di dalam lagu memang ada sejumlah kata kasar, ucapan vulgar, bahkan umpatan. Dalam beberapa bait, lagu itu seperti meremehkan geng lain selain tongkrongannya. Terdapat beberapa nama geng lain yang disebutkan dan disematkan dengan label negatif.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Lagu “Tongkrongan Kami Sopan” telah diunggah ke YouTube sejak 1 Februari 2017 di kanal Fonni Cungkring. Selama hampir empat menit lagu, video Fonni hanya memperlihatkan bagian tangannya sedang memainkan ukulele. Namun, terdengar beberapa orang yang menyahuti dia bernyanyi.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
5 Kesalahan Memilih Tangga Lipat untuk di Rumah

Video itu sudah disimak lebih dari 2,9 juta kali dan disukai 73 ribu warganet. Setiap tahun, lagu ini tidak cuma viral di X, tapi juga platform media sosial lain seperti TikTok. Pada kolom komentar unggahan Fonni, terdapat banyak komentar tentang lagu itu. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Pemilik akun YouTube @brasco2*** menganalisis isi lagu tersebut dari kacamata seorang penikmat musik. “20% kata-kata buruk, 20% lirik kekerasan, 20% mabuk, 100000% tongkrongan, tapi apa pun itu tetap masterpiece,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sementara, pengguna YouTube @ekkydavis7*** menetapkan tanggal ini sebagai “hari spesial”. “27 bulan Mei diperingati sebagai hari tongkrongan nasional. Selamat hari tongkrongan nasional 2024!” kata dia. 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَرَبُّكَ الْغَفُورُ ذُو الرَّحْمَةِ ۖ لَوْ يُؤَاخِذُهُم بِمَا كَسَبُوا لَعَجَّلَ لَهُمُ الْعَذَابَ ۚ بَل لَّهُم مَّوْعِدٌ لَّن يَجِدُوا مِن دُونِهِ مَوْئِلًا الكهف [58] Listen
And your Lord is the Forgiving, full of mercy. If He were to impose blame upon them for what they earned, He would have hastened for them the punishment. Rather, for them is an appointment from which they will never find an escape. Al-Kahf ( The Cave ) [58] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi