Selasa, 18/06/2024 - 12:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Tanda Aki Mobil Hampir Habis, Perhatikan Ini Agar Kendaraan tak Mati di Jalan

JAKARTA — Saat berada di jalan raya, masalah yang terjadi pada mobil Anda bisa menjadi pengalaman menakutkan. Salah satunya, aki mobil yang mati saat di tengah perjalanan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dilansir Slashgear, Senin (27/5/2024), ketika aki mati saat dalam perjalanan, Anda harus menunggu bantuan. Ini berarti Anda memerlukan aki baru. Tentunya itu memerlukan biaya yang tidak murah. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Ada tanda-tanda peringatan saat aki hampir habis, seperti mobil kesulitan untuk berbalik atau terdengar lemah saat Anda hendak menyalakannya. Sering kali Anda bahkan tidak menyadari aki mobil mati di tengah perjalanan. Selama alternator masih berfungsi dengan baik, Anda tidak akan menyadarinya sampai mematikan mobil dan tidak dapat dihidupkan lagi.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Jika itu terjadi pada Anda, sebaiknya nyalakan lampu-lampu hazard dan beri tanda bahwa Anda sedang menepi ke pinggir jalan. Tunggu sebentar lalu coba nyalakan kembali kendaraan. Jika mobil menyala, usahakan pergi ke mekanik secepatnya. Jika tidak menyala, hubungi bantuan pinggir jalan. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Aki mobil sering kali tidak bertahan lebih dari lima tahun. Jadi, jika aki mobil hampir habis masa pakainya, inilah saat untuk menggantinya dengan yang baru. Namun, ini bukan satu-satunya komponen yang menyediakan muatan listrik ke seluruh powertrain

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Pemerintah Guyur Rp 7,27 Triliun Buat Subsidi Motor Listrik

Alternator mempunyai peranan yang besar pada kendaraan yang sedang berjalan. Setelah mobil hidup dan berjalan, alternator mengambil alih baterai dan menyuplai daya ke sebagian besar komponen-komponen kelistrikan kendaraan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Alternator adalah bagian penting dari teka-teki untuk memeriksa apakah mobil Anda tidak dapat dihidupkan. Jadi, jika mobil Anda mogok saat mengemudi, dan Anda curiga itu disebabkan oleh aki, mungkin alternatornya rusak. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Alternator yang baik dapat menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala sampai Anda mematikan mobil. Jika mobil mogok dan lampu interior mati dan Anda tidak dapat menyalakan lampu hazard, kemungkinan ada masalah pada alternator. Jika hal ini terjadi, hubungi bantuan pinggir jalan dan bawa mobil ke bengkel.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Mau Buka Rental Mobil, Pahami Potensi dan Risikonya

Bagaimana jika Anda mengendarai kendaraan listrik (EV)?

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Ada perbedaan besar antara kendaraan internal combustion engines (ICE) dan baterai EV yang habis. Meskipun mungkin ada masalah yang signifikan pada kendaraan ICE jika baterainya mati saat mengemudi, hal ini lebih seperti kehabisan bahan bakar jika terjadi pada EV.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Hal ini tidak mengurangi rasa panik. Untungnya, EV memberikan banyak peringatan dini sebelum baterai kehabisan daya saat mengemudi. 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Ketika sebuah EV kehilangan dayanya, banyak yang akan beralih ke mode berdaya rendah, yang disebut “turtle mode”, yang akan memperlambat kendaraan dan tidak memungkinkan pengemudi untuk melaju melebihi kecepatan tertentu. Jika Anda tidak dapat mencapai stasiun pengisian daya saat kendaraan dalam mode daya rendah, menepilah ke bahu jalan segera setelah kondisi aman, nyalakan lampu-lampu hazard, dan hubungi bantuan pinggir jalan. Anda dapat meminta mereka menarik Anda ke stasiun pengisian terdekat. 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

فَلَمَّا جَاوَزَا قَالَ لِفَتَاهُ آتِنَا غَدَاءَنَا لَقَدْ لَقِينَا مِن سَفَرِنَا هَٰذَا نَصَبًا الكهف [62] Listen
So when they had passed beyond it, [Moses] said to his boy, "Bring us our morning meal. We have certainly suffered in this, our journey, [much] fatigue." Al-Kahf ( The Cave ) [62] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi