Rabu, 19/06/2024 - 15:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Ini Model Pendidikan yang Diisyaratkan Nabi Muhammad SAW

JAKARTA — Sejarah perjalanan Islam telah menunjukkan bagaimana model pendidikan yang sejati. Ini tergambarkan dari bagaimana Alquran dan hadits menjelaskan mengenai hal tersebut.

ADVERTISEMENTS

Allah SWT mengangkat derajat umat Islam dengan menghadirkan tokoh-tokoh teladan. Allah SWT berfirman, “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (QS Al-Ahzab Ayat 21)

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Allah SWT juga berfirman, “Mereka itulah (para nabi) yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka ikutilah petunjuk mereka.” (QS Al-An’am Ayat 90)

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Majunya sebuah negara tentu tak lepas dari sosok-sosok yang bisa menjadi suri teladan. Teladan-teladan inilah yang bisa mendorong para pemuda dan pemudi untuk mengikuti jejak tokoh panutan itu. Pendidikan melalui teladan adalah salah satu sarana pendidikan yang paling strategis.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Jejak Keharmonisan Muslim Makassar dan Aborigin Sebelum Bangsa Eropa Sampai Australia

Dalam hal itulah, Nabi Muhammad SAW menghadirkan banyak sosok ke tengah umat Muslim. Nabi SAW melakukan pendekatan untuk menghadirkan tokoh-tokoh yang dapat menjadi teladan ke tengah umat Islam. Agar kemudian bisa diteladani oleh umat Islam secara keseluruhan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, Rasulullah SAW bersabda, “Di antara umatku, yang paling belas kasih terhadap umatku adalah Abu Bakar, sedangkan yang paling tegas terhadap perintah Allah adalah umar, yang paling pemalu adalah Utsman, yang paling mengetahui halal haram adalah Mu’adz bin Jabal, dan yang paling mengetahui tentang fara’idl (ilmu tentang pembagian harta waris) adalah Zaid bin Tsabit.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Kisah Buya Hamka dan KH Idham Cholid Saling Hormati Perbedaan Amalan Agama

Serta yang paling bagus bacaannya adalah Ubay bin Ka’ab, dan setiap umat memiliki orang kepercayaan, sedangkan orang kepercayaan umat ini adalah Abu ‘Ubaidah bin Jarrah.” (Hadits ini dishahihkan Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’)

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Rasulullah SAW bersabda, “Ikutilah orang-orang setelahku, (terutama) Abu Bakar dan Umar.” Beliau juga bersabda, “Hendaklah kalian mengikuti sunnahku dan sunnah para khulafaur rasyidin setelahku agar berada dalam kebenaran.” (HR At-Tirmidzi)

ADVERTISEMENTS

Generasi terdahulu pun sangat berhati-hati dalam mengikuti seorang ulama. Karena, tokoh panutan berdampak besar dalam membangun akhlak yang mulia.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Sumber:

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 https://www.islamweb.net/ar/article/232312/%D8%A5%D8%A8%D8%B1%D8%A7%D8%B2-%D8%A7%D9%84%D9%82%D8%AF%D9%88%D8%A7%D8%AA-%D9%84%D9%84%D8%B4%D8%A8%D8%A7%D8%A8

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِ رَبِّهِمْ وَلِقَائِهِ فَحَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فَلَا نُقِيمُ لَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَزْنًا الكهف [105] Listen
Those are the ones who disbelieve in the verses of their Lord and in [their] meeting Him, so their deeds have become worthless; and We will not assign to them on the Day of Resurrection any importance. Al-Kahf ( The Cave ) [105] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi