Senin, 17/06/2024 - 12:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Apakah Sah Ibadah Haji Tanpa Visa? Ini Penjelasan KH Afifuddin Muhajir

Petugas memasangkan gelang kepada jamaah calon haji saat tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (13/5/2024). Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menerapkan layanan terpadu satu atap atau one stop service untuk jamaah calon haji saat masuk asrama dan langsung dilakukan pengecekan kesehatan, pemberian gelang, uang saku, dokumen visa dan paspor sehingga lebih ringkas dan jamaah calon haji dapat fokus istrahat saat di asrama.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Belakangan ini ramai soal pelaksanaan ibadah haji tanpa mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah, yang dalam hal ini tidak menggunakan visa haji. Pelaksanaan haji seperti ini kerap disebut sebagai haji backpacker.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Terkait persoalan tersebut, Wakil Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Afifuddin Muhajir memberikan penjelasan bagaimana hukumnya berhaji semacam itu? Apakah haji yang demikian sah?

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Kiai Afifuddin berpandangan, mereka yang berhaji tanpa visa haji sebetulnya tidak sabar menunggu antrean haji yang begitu panjang. Antrean panjang ini sendiri terjadi sebagai konsekuensi dari kebijakan pemerintah Saudi yang membatasi jumlah jamaah haji dari berbagai negara.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Anak dan Istri Makan Hasil Judi Online Suami, Apakah Ikut Berdosa?

Dia juga menjelaskan, pemerintah Arab Saudi melakukan pembatasan jumlah jamaah haji karena tak lepas dari tempat-tempat pelaksanaan manasik haji yang terlalu sempit dibandingkan jumlah umat Islam yang berminat melaksanakan ibadah haji.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Sekiranya pembatasan itu tidak dilakukan tentu akan terjadi crowded dan keruwetan luar biasa yang potensial mengganggu keamanan dan perlindungan terhadap jiwa dan harta,” terangnya, dalam keterangan pers yang diterima, Rabu (29/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Lantas apakah wajib menaati peraturan dan ketentuan yang dibuat oleh pemerintah Saudi? Kiai Afifuddin mengatakan, peraturan dan ketentuan yang dibuat oleh pemerintah Saudi, termasuk di dalamnya yang melarang haji tanpa visa haji, adalah benar dan sah menurut syariat dan akal sehat. “Oleh karena itu wajib ditaati oleh semua pihak,” tuturnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Belum Bisa ke Tanah Suci? Ikuti Amalan Nabi Ini Niscaya akan Dapat Pahala Haji

Kiai Afifuddin berpendapat, ibadah haji yang dilakukan oleh seorang Muslim tanpa menggunakan visa haji itu sah tapi cacat, dan yang bersangkutan berdosa. Dikatakan sah karena visa haji bukan bagian dari syarat-syarat haji, bukan pula rukun-rukun haji, dan juga bukan larangan agama melainkan larangan pemerintah Saudi yang bersifat eksternal.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Adapun yang bersangkutan, Muslim yang berhaji tanpa visa haji, telah berdosa karena melanggar aturan syariat yang mewajibkan menaati perintah ulil amri dan mematuhi perjanjian. Allah SWT berfirman:

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَوْفُوا بِالْعُقُودِ ۚ

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Hai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu.” (QS. Al Maidah ayat 1)

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَاتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِن كِتَابِ رَبِّكَ ۖ لَا مُبَدِّلَ لِكَلِمَاتِهِ وَلَن تَجِدَ مِن دُونِهِ مُلْتَحَدًا الكهف [27] Listen
And recite, [O Muhammad], what has been revealed to you of the Book of your Lord. There is no changer of His words, and never will you find in other than Him a refuge. Al-Kahf ( The Cave ) [27] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi