Sabtu, 27/07/2024 - 08:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Daftar 10 Situs Freelance Terbaik Untuk Menambah Penghasilan

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

BANDA ACEH – Di saat mendapatkan pekerjaan semakin sulit, maka pilihan sebagai pekerja freelance menjadi alternatif yang bisa diambil untuk mendapatkan penghasilan. Walau masih dipandang sebelah mata, pekerja freelance sekarang ini mulai menjadi trend di negara maju.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Hal ini tentunya tak lepas dari kemajuan teknologi yang berkembang pesat, sehingga perusahaan pemberi kerja bisa langsung terhubung dengan freelancer. Fleksibilitas waktu, kebebasan mengambil keputusan, dan kemungkinan menemukan berbagai pekerjaan menarik menjadi freelance.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Namun, untuk sukses sebagai pekerja lepas, kamu juga harus mengetahui platform yang tepat untuk memasarkan keahlian kamu sehingga bisa diketahui oleh klien atau pencari kerja. Belum lagi sekarang ini banyak situs lowongan kerja di internet.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Memahami Konsep Freelance dan Manfaatnya

Sebelum kamu mencoba menjadi seorang freelancer maka ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa arti istilah freelance. Maksud Freelance ini mengacu pada pekerjaan yang dilakukan secara lepas tanpa terikat kontrak jangka panjang dengan perusahaan tertentu.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Sedangkan freelancer adalah orang yang melakukan pekerjaan mandiri dan menerima pembayaran untuk setiap proyek yang diselesaikan dari klien yang menggunakan jasa. Bekerja sebagai freelancer menawarkan banyak keuntungan, seperti fleksibilitas jadwal, kemampuan memilih proyek yang sesuai dengan minat dan keahlian, hingga portofolio yang beragam.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Dengan memanfaatkan keahlian kamu dalam mengerjakan berbagai proyek untuk klien yang berbeda, seorang pekerja freelance dapat membangun reputasi dan memperluas jaringan profesional mereka, dan membuka peluang baru.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Platform Freelance untuk Meningkatkan Pendapatan

Berikut daftar 10 situs freelance yang bisa kamu jadikan referensi dalam mencari pekerjaan freelance, diantaranya adalah:

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024
  1. OLX

OLX dikenal sebagai situs jual beli online yang ada di Indonesia. Pada website OLX biasanya kamu akan menemukan banyak pedagang yang menjual produk baik baru maupun bekas ataupun jasa, dari berbagai barang.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Tapi jika ditelusuri lebih dalam maka OLX bukan saja sebuah situs marketplace, tetapi juga menyediakan fitur-fitur terkait informasi pekerjaan tetap dan freelancer yang dibutuhkan masyarakat. Jika kamu sedang mencari pekerjaan freelance di OLX, maka kamu tinggal mengetikkan kata kunci pada kolom Job, lalu enter dan kamu akan mendapatkan banyak informasi tentang pekerjaan full-time maupun freelance.

Berita Lainnya:
Mengenal Sosok Haji Isam yang Borong Ribuan Ekskavator untuk Pertanian Indonesia

Cari saja berdasarkan bidang keahlian kamu, serta pendidikan dan pengalaman yang kamu miliki. Maka kamu akan mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari berbagai kota besar yang ada di Indonesia.

  1. LinkedIn

Kamu juga bisa menggunakan jaringan pencarian profesional ini untuk mencari lowongan pekerjaan. Berbeda dengan website sebelumnya, LinkedIn tentu tidak khusus ditujukan untuk lowongan kerja freelance.

Jadi, kamu mungkin harus berusaha lebih keras untuk mencari lowongan. Jika kamu menggunakan aplikasi di LinkedIn, jangan lupa untuk meningkatkan profil kamu untuk mengesankan pemberi kerja.

  1. Sribu

Sribu, yang sebelumnya dikenal sebagai Sribulancer, adalah platform freelance yang berfokus pada pekerjaan di bidang digital, seperti desain grafis, pengembangan web, penulisan konten, dan produksi video serta audio.

Dengan basis pengguna yang kuat di Indonesia, Sribu menawarkan peluang yang sangat baik bagi freelancer lokal untuk memasarkan keterampilan mereka kepada klien dalam negeri.

  1. ProZ

ProZ adalah platform khusus bagi freelancer di bidang bahasa, seperti penerjemah, penulis, dan interpreter. Selain menawarkan proyek, situs ini juga memiliki forum untuk berdiskusi seputar dunia bahasa.

Jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang bahasa dan penulisan, maka situs ini sangat cocok untuk kamu mencari penghasilan tambahan sekaligus mengasa keterampilan kamu melalui diskusi bersama para freelance yang tergabung.

  1. Fastwork

Fastwork yang didirikan di New York pada tahun 2015 telah memperluas operasinya ke pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Platform ini menawarkan antarmuka yang sederhana dan ramah, dengan fokus pada tugas-tugas terkait digital, seperti desain grafis, pengembangan perangkat lunak, dan perencanaan perjalanan.

Artinya jika kamu baru masuk dalam platform ini maka kamu bisa mengeksplorasi platform ini dengan mudah, sehingga tidak memiliki kesulitan dalam menggunakan setiap fitur yang disediakan.

  1. Superprof

Superprof adalah platform freelance yang berfokus pada bidang tutoring bahasa. Jika kamu memiliki keahlian dalam mengajar bahasa, terjemahkan bahasa, menulis, maka kamu berada di situs yang tepat sesuai dengan kemampuan.

Fokus pada proyek tutoring bahasa kamu juga memiliki kebebasan dalam menentukan tarif per jam selain itu, fitur untuk menampilkan harga rata-rata per jam untuk bidang bahasa tertentu.

  1. Freelance Writing Gigs

Situs Freelance Writing Gigs hadir untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan freelance di bidang kepenulisan. Kamu bisa belajar, mengembangkan keterampilan kamu dan melakukan diskusi terkait keahlian dan pekerjaan di website ini.

Berita Lainnya:
Geledah Kantor Ditjen Minerba ESDM, KPK Amankan Barang Bukti

Jadi tidak hanya sekedar memberikan jasa, para pemula juga bisa belajar bagaimana menjadi penulis yang baik dan sukses. Kamu dapat mencari dan menemukan berbagai pekerjaan seperti menulis, membuat konten online, mengedit, blogging, dan menerbitkan di situs web ini.

  1. Fiverr

Fiverr adalah platform yang menawarkan berbagai layanan digital, seperti pemasaran digital, pengembangan web, penulis, penerjemah, desain grafis, hingga manajemen media sosial. Kamu dapat memamerkan proyek yang telah selesai untuk menarik perhatian klien potensial.

Selain itu, Fiverr juga menawarkan pelatihan gratis untuk mengembangkan keterampilan kamu dan membantu kamu menemukan klien sebagai pekerja lepas. Kamu juga bisa mencoba berbagai bidang freelance.

Situs web ini menawarkan pembayaran dalam dolar AS. Jadi, kapan bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengganggu jam kuliah kamu untuk mendapatkan uang.

  1. Upwork

Upwork menawarkan berbagai alat pendukung untuk mendukung perjalanan kerja freelance Anda, seperti ruang kolaboratif, pembuat faktur bawaan, dan proses orientasi yang efisien. Anda bahkan dapat bekerja sama dengan klien ternama seperti Microsoft, Airbnb dan Dropbox melalui platform ini, dengan keamanan pembayaran yang terjamin.

  1. Guru

Saat kamu mendaftar pada situs Guru, maka kamu akan menjadi bagian dari komunitas global yang mencakup lebih dari 3 juta orang.

Platform ini menawarkan peluang karir di berbagai bidang, seperti pengembangan perangkat lunak, penulisan, arsitektur, dan lain-lain. Dengan berlangganan gratis, kamu  dapat menggunakan Guru untuk memulai karir freelance dengan percaya diri.

Dari ulasan diatas maka dapat disimpulkan dalam perjalanan menuju kesuksesan sebagai freelance, maka memilih platform yang sesuai dengan keahlian adalah kuncinya. Setiap situs freelance memiliki keunikan tersendiri, baik dari segi jenis pekerjaan yang ditawarkan, proses seleksi, dan dukungan yang ditawarkan.

Misalnya, jika kamu seorang desainer grafis, Sribu, Fiverr atau 99Designs mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk menjual karya seni kamu. Tapi jika memiliki keahlian bahasa dan menulis maka situs seperti ProZ, Cafe Translators, atau Access Writer mungkin bisa menjadi platform yang cocok.

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَلَا تَقُولَنَّ لِشَيْءٍ إِنِّي فَاعِلٌ ذَٰلِكَ غَدًا الكهف [23] Listen
And never say of anything, "Indeed, I will do that tomorrow," Al-Kahf ( The Cave ) [23] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi