Senin, 17/06/2024 - 07:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Diperlukan Lima Pilar untuk Mempercepat Penurunan Stunting

AMBON — Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dokter Hasto, melakukan kunjungan kerja ke Maluku. Ini dilakukan untuk Penguatan program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting (PPS). 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pada hari pertama kunjungannya, dr. Hasto menyampaikan sambutan pembukaan pada Kegiatan Rapat Tim Percepatan Penurunan Stunting bersama Mitra Kerja dan Stakeholder, bertempat di Aula Kantor Bupati Maluku Tenggara, Senin (27/05/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Dokter Hasto menyampaikan lima pilar dalam strategi nasional PPS. Yakni,  peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan di kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, dan pemerintah desa;  Peningkatan komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Termasuk juga peningkatan konvergensi intervensi spesifik dan sensitif di kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, dan pemerintah desa;  Peningkatan ketahanan pangan dan gizi pada individu, keluarga dan masyarakat; dan penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset dan inovasi.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

“Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Maluku Tenggara mengalami trend positif dari waktu ke waktu,” kata dokter Hasto.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Berdasarkan laporan kinerja instansi pemerintah tahun 2023, tercatat angka persentase pemakaian kontrasepsi di provinsi tersebut tercatat  74,20% dari 72,19% pada  2022.  Sedangkan persentase efektif sebesar 19,7% dibandingkan 19,36% pada 2022.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Volume Kendaraan Jalur Wisata Puncak Meningkat Hingga Dua Kali Lipat

Pada acara tersebut hadir  Plt. Bupati Maluku Tenggara,  Drs. Jasmono, M.Si, yang menyampaikan bahwa stunting di Kabupaten Maluku Tenggara menunjukkan progres  cukup positif. Berdasarkan data elektronik Pencatatan dan Pelaporan  Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM), angkanya menunjukkan  penurunan cukup positif. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Paling tidak penurunan stunting bisa mencapai apa yang sudah ditetapkan secara nasional yaitu 14%  tahun 2024. “Selain itu, pemerintah daerah juga sudah melakukan kombinasi, melakukan pendataan, penimbangan serta intervensi bagi seluru ibu hamil , bayi di bawah lima tahun dan calon pengantin yang akan mulai dilaksanakan Juni 2024,” ucap Jasmono.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Diakui Jasmono bahwa Sumber Daya Alam (SDA) di wilayah tersebut sangat melimpah. “Kita memiliki ikan yang sangat melimpah, tetapi harus kita manfaatkan secara optimal untuk mempercepat angka penurunan stunting di Kabupaten Maluku Tenggara.  Gizi ikan  sangat besar.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Ini harus kita sosialisasikan pada masyarakat kita jangan sampai di setiap daerah kita lebih suka mengonsumsi mie daripada ikan. Bahkan ada yang menjual ikan, kemudian hasilnya dipakai untuk membeli dan mengonsumsi mie,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dalam upaya penurunan stunting, pemerintah daerah di sana juga telah meluncurkan sebuah inovasi yang dikenal  dengan sebutan “Jekopabesting” (Jemput,  Konseling, Pasang, Bebas Aman Stunting). Inovasi ini mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari pemerintah Provinsi Maluku sebagai inovasi terbaik kedua pada ajang Maluku pada tahun 2024. 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard
Berita Lainnya:
Bocah SD Tulis Puisi Soal Lingkungan 3 Hari Sebelum Banjir Bandang Kini Rafa Ibu dan Kakaknya Hilang

Berdasarkan surat edaran bupati, pemerintah daerah juga telah menetapkan kebijakan penanggulangan stunting melalui inovasi rumah singgah. “Ini merupakan inovasi daerah yang kemudian dikembangkan oleh kita sebagai implementasi PPS di Kabupaten Maluku Tenggara,” katanya.

Rumah singgah ini menjadi sarana dalam melaksanakan enam kegiatan pokok, yaitu pemberian makanan tambahan bagi balita gizi kurang,  pemberian makanan tinggi protein bagi balita stunting, stimulasi tumbah kembang anak, pengukuran antropometri secara bertahap bagi balita dan ibu hamil, pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil yang mengalami kekurangan gizi, dan  pendampingan minuman tablet tambah darah bagi ibu hamil.

Melalui intervensi ini diharapkan target percepatan penurunan stunting dapat dicapai. “Program ini  kita luncurkan untuk dapat menjangkau daerah daerah yang selama ini memiliki angka stunting cukup tinggi,” tambah Jasmono.

Dokter Hasto pun menanggapi prestasi yang telah diraih Kabupaten Maluku Tenggara.  “Pak Bupati ini luar biasa dengan inovasinya.  Terbukti juga bisa menurunkan angka perkawinan usia muda. Bahkan   paling rendah seprovinsi,” papar dokter Hasto, dengan menambahkan pada umumnya jumlah perkawinan yang paling rendah terjadi di wilayah kota.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

وَأَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلَامَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِي الْمَدِينَةِ وَكَانَ تَحْتَهُ كَنزٌ لَّهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا فَأَرَادَ رَبُّكَ أَن يَبْلُغَا أَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنزَهُمَا رَحْمَةً مِّن رَّبِّكَ ۚ وَمَا فَعَلْتُهُ عَنْ أَمْرِي ۚ ذَٰلِكَ تَأْوِيلُ مَا لَمْ تَسْطِع عَّلَيْهِ صَبْرًا الكهف [82] Listen
And as for the wall, it belonged to two orphan boys in the city, and there was beneath it a treasure for them, and their father had been righteous. So your Lord intended that they reach maturity and extract their treasure, as a mercy from your Lord. And I did it not of my own accord. That is the interpretation of that about which you could not have patience." Al-Kahf ( The Cave ) [82] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi