Rabu, 19/06/2024 - 02:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Ini Faktor yang Mendorong Industri Kosmetik di Indonesia Kian Tumbuh

JAKARTA — Ada beberapa faktor yang dinilai dapat mendorong pertumbuhan kosmetik di Indonesia. Ketua Umum Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (Perkosmi) Sancoyo Antarikso mengatakan, faktor pertama adalah kondisi demografi Indonesia di mana memiliki jumlah penduduk terbanyak keempat sedunia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Fakta itu membuat potensi konsumen produk kosmetik pun cukup menjanjikan bagi industri. “Dari sisi demografi memang penduduk Indonesia ini nomor 4 sedunia jadi secara jumlah, size cukup menjanjikan,” kata Sancoyo dalam pembukaan ajang Indonesia Cosmetics Ingredients (ICI) Expo 2024 di Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Faktor berikutnya adalah komposisi penduduk Indonesia yang didominasi oleh generasi muda. Menurut Sancoyo, generasi muda lebih banyak menggunakan produk-produk kosmetik.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Kendati demikian, kata Sancoyo, industri kosmetik kini juga berupaya melebarkan jangkauan konsumennya menjadi lebih universal baik dari sisi usia, gender, dan lainnya. “Penduduk muda ini keterpaparan terhadap kosmetika jauh lebih tinggi. Meskipun sekarang upaya untuk melebarkan konsumen itu ada, baik dari sisi usia, gender, dan lain sebagainya itu ada,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Penggalangan Dananya Sempat Dipersoalkan, Daud Kim Wujudkan Mimpi Bangun Masjid di Korea

Menurut Sancoyo, tingkat kesejahteraan masyarakat juga berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan industri kosmetik dalam negeri. Hal itu disebabkan semakin tinggi kesejahteraan masyarakat maka kebutuhan dan konsumsi terhadap produk kosmetik dan perawatan tubuh juga ikut meningkat.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Faktor terakhir adalah informasi mengenai produk kosmetik yang semakin mudah didapat masyarakat berkat kehadiran akses internet. Informasi mengenai tren kecantikan global bisa dengan mudah didapatkan sehingga dapat mendorong konsumsi kosmetik di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Konsumen Indonesia sudah semakin canggih dan informed dengan penetrasi internet semakin dalam sehingga tren-tren di global itu semakin cepat masuk ke Indonesia. Selain itu juga informasi tentang kosmetik juga semakin mudah ditemukan jadi penggunanya juga semakin tinggi,” ujar Sancoyo.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Wardah dan Perdoski Kolaborasi Gelar Wardah SKINVERSE 27 Mei Hingga 2 Juni

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memaparkan pelaku usaha industri kosmetik nasional mengalami peningkatan sebesar 43,11 persen dalam 3 tahun terakhir dari 726 usaha tahun 2020 menjadi 1.040 usaha pada 2023.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Kemudian, kelompok industri farmasi, obat kimia, obat tradisional, bahan kimia dan barang kimia yang di dalamnya termasuk industri kosmetik memberikan kontribusi terbesar kedua bagi PDB dari sektor industri pengolahan setelah industri makanan dan minuman. “Kelompok industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia, yang di dalamnya termasuk industri kosmetik, juga memiliki kontribusi yang cukup baik yaitu 6,8 persen terhadap PDB sektor industri pengolahan dan kontribusi ini menempati posisi nomor 2 setelah kontribusi industri makanan yang mencapai sebesar 17,2 persen,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

sumber : Antara

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

هَٰؤُلَاءِ قَوْمُنَا اتَّخَذُوا مِن دُونِهِ آلِهَةً ۖ لَّوْلَا يَأْتُونَ عَلَيْهِم بِسُلْطَانٍ بَيِّنٍ ۖ فَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرَىٰ عَلَى اللَّهِ كَذِبًا الكهف [15] Listen
These, our people, have taken besides Him deities. Why do they not bring for [worship of] them a clear authority? And who is more unjust than one who invents about Allah a lie?" Al-Kahf ( The Cave ) [15] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi