Selasa, 18/06/2024 - 13:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Korut Kirim Balon Berisi Sampah ke Korsel

Ilustrasi balon udara. Korut diduga menerbangkan balon udara berisi sampah ke Korsel.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 SEOUL — Korea Selatan (Korsel) menuduh Korea Utara (Korut) mengirimkan balon-balon berisi sampah melewati perbatasan yang dijaga ketat antara dua negara. Korsel menggambarkan tindakan Korut menjatuhkan benda-benda yang berisi sampah dan kotoran sebagai tindakan berbahaya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Unit penjinak bom dan tim tanggap darurat senjata biologi dan kimia dikerahkan untuk memeriksa dan mengumpulkan benda-benda itu. Korsel juga mengeluarkan peringatan pada warga setempat untuk menjauh dari benda-benda tersebut dan melaporkannya ke pihak berwenang bila melihatnya.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Media Korsel mengutip sumber-sumber militer yang mengatakan pada Rabu (29/5/2024), Korsel mendeteksi lebih dari 150 balon, sebagian sudah mendarat sebagian lagi masih terbang di udara. Aktivis-aktivis Korsel kerap menggunakan balon untuk mengirimkan selembaran ke Korut.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Aksi yang biasanya dipimpin pembelot Korut itu mengirimkan selembaran-selembaran berisi pesan-pesan yang mengkritik Pyongyang. Aksi ini juga meningkatkan dua negara Korea. Terdapat insiden Korut menembak jatuh balon-balon aktivis tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Viral Pedagang Hewan Kurban Pakai Jasa SPG Berpakaian Minim, Auto Banjir Orderan

Foto-foto yang dirilis militer Korsel menunjukkan balon-balon yang digelembungkan dengan kantong plastik terbang di udara. Foto-foto lain menunjukkan sampah berserakan di balon yang sudah mendarat, terlihat tulisan “kotoran” di salah satu kantong.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Pada Ahad (25/5/2024) lalu, dilansir laman Reuters, Wakil Menteri Pertahanan Korut mengeluarkan pernyataan yang berjanji untuk melaksanakan “pertahanan diri yang kuat” dan memperingatkan akan mengirim “sampah dan kotoran” ke Korsel sebagai respon pengiriman “benda-benda kotor” ke Korut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Korut marah dengan balon-balon aktivis Korsel yang berisi informasi mengenai masyarakat demokratis di Korsel. Terkadang balon-balon itu juga membawa USB yang berisi video klip musisi-musisi K-pop.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Tak Cuma Penangkapan Netanyahu, Mahkamah Internasional Tambah Perintah Lain untuk Israel 

Sebelumnya pemerintah Korsel berusaha menghentikan aktivis untuk melakukan aksi tersebut. Menurut pemerintah tindakan itu tidak membantu dalam upaya mendorong perdamaian dan membahayakan warga yang tinggal di dekat perbatasan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Larangan pengiriman balon diterapkan pada tahun 2021 tapi kemudian dicabut Mahkamah Konstitusi Korsel karena dianggap tidak konstitusional. Sebab kebijakan tersebut melanggar kebebasan berbicara.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dua negara Korea membangun benteng pertahanan di perbatasan masing-masing. Korut rutin mengancam akan menumpas negara tetangganya. Peneliti dari Sejong Institute Peter Ward mengatakan mengirim balon jauh tidak beresiko dibandingkan mengambil langkah militer.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

“Ini taktik zona abu-abu yang lebih sulit dibalas dan resiko eskalasi militer yang tak terkendali jauh lebih kecil, bahkan jika taktik tersebut berdampak buruk bagi warga sipil yang pada akhirnya menjadi sasaran,” katanya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَإِذْ قَالَ مُوسَىٰ لِفَتَاهُ لَا أَبْرَحُ حَتَّىٰ أَبْلُغَ مَجْمَعَ الْبَحْرَيْنِ أَوْ أَمْضِيَ حُقُبًا الكهف [60] Listen
And [mention] when Moses said to his servant, "I will not cease [traveling] until I reach the junction of the two seas or continue for a long period." Al-Kahf ( The Cave ) [60] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi