Senin, 17/06/2024 - 05:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Catatkan Kinerja Keuangan Postif, RUPS Adaro Energy Jadi Perhatian Investor

 JAKARTA — Adaro Grup terus melakukan kinerja operasional yang baik dan efisien. Hal ini berdampak pada kinerja keuangan perusahaan yang terus tumbuh positif dan terus membukukan laba yang baik. Upaya ini juga merupakan bekal utama untuk membangun kepercayaan para pemilik saham, terbukti dengan RUPS pada tahun ini yang dihadiri lebih dari 80 persen pemegang saham.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pada tahun ini, RUPS menyetujui penggunaan laba tahun berjalan tahun buku 2023 1,64 miliar dolar AS di antaranya 800 juta dolar AS atau 48,74 persen untuk pembayaran dividen tunai, yang terdiri dari 400 juta dolar AS untuk dividen interim yang telah dibayarkan perseroan pada 12 Januari 2024, dan 400 juta dolar AS untuk dividen tunai final. Sisanya 841,43 juta dolar AS ditetapkan sebagai laba ditahan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Setelah membagikan dividen interim pada Januari 2024, pada Rapat ini kami mendapat persetujuan para pemegang saham Perseroan untuk membagikan dividen tunai final sejumlah 400 juta dolar AS,” kata Garibaldi Thohir selaku CEO PT Adaro Energy Indonesia Tbk.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Para pemegang saham ADRO juga menyetujui perubahan Pasal 4 ayat (2) Anggaran Dasar Perseroan sehubungan dengan pengurangan modal ditempatkan dan disetor penuh melalui penarikan saham hasil pembelian kembali perseroan 1,22 miliar saham atau mewakili 3,84 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh. Sehingga modal ditempatkan dan disetor ADRO yang semula berjumlah 31,98 miliar saham dengan nilai nominal sejumlah Rp 3,19 triliun menjadi 30,75 miliar saham dengan nilai nominal sejumlah Rp 3,07 triliun.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Jelajah Kuliner Nusantara, PTPN IV PalmCo Dorong UMKM Sumut agar Naik Kelas

Pada tahun ini, perusahaan berkomitmen kuat untuk bisa terus melakukan operasional perusahaan yang efisien dan optimal. Pada tahun ini, perusahaan menargetkan produksi batu bara hingga 67 juta ton sepanjang 2024  atau lebih tinggi 1,7 persen dari total produksi pada 2023.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Perusahaan menargetkan volume penjualan sebesar 65 juta ton sampai 67 juta ton, yang meliputi 61 juta ton sampai 62 juta ton batu bara termal, dan 4,9 juta ton sampai 5,4 juta ton batu bara metalurgi dari Adaro Minerals Indonesia (ADMR).

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Target ini sudah lebih dulu moncer pada catatan laba bersih pada kurtal pertama tahun 2024 ini. Perusahaan mampu mencatatkan laba bersih senilai 374,3 juta dolar Amerika Serikat (AS).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Di tengah ketidakpastian global dan kondisi harga yang melemah, kami mempertahankan komitmen terhadap efisiensi biaya. Lebih lanjut, posisi neraca dan keuangan secara keseluruhan tetap sehat, sehingga menyediakan fleksibilitas pada saat ini,” ujar Garibaldi.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Selama kuartal I 2024, perseroan membukukan pendapatan senilai 1,44 miliar dolar AS. volume produksi dan volume penjualan perseroan meningkat masing-masing sebesar 15 persen (yoy) dan 5 persen (yoy) menjadi 18,07 juta ton dan 16,48 juta ton batu bara pada kuartal I 2024.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Saham BRIS Turun di Tengah Rencana Muhammadiyah Tarik Dana Rp 15 Triliun

Garibaldi menegaskan, bahwa saat ini Adaro juga akan terus fokus menyelesaikan proyek di pilar hijau. Adaro punya beberapa proyek strategis yang merupakan wujud transformasi dan ekspansi bisnis. Seperti proyek aluminium, pengembangan dan ekspansi pada batu bara metalurgi, hingga sektor kelistrikan hijau seperti PLTA dan PLTS serta PLTB yang sedang masif dikembangkan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kami sangat serius melakukan transformasi. Transformasi kami bukan yang ecek-ecek.  Kami melakukan proyek yang besar dan signifikan. Itu memperlihatkan komitmen kami kita ingin jadi perusahaan yang lebih besar tapi lebih hijau,” kata Garibaldi.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Torehan positif dari Adaro Minerals menjadi catatan baik operasional perusahaan sepanjang 2023. RUPS yang diadakan Selasa (14/5/2024) juga menuai banyak dukungan positif dari para pemegang saham.

Dalam RUPST ini, pemegang saham menyetujui usulan rapat yang mengusulkan sejumlah 4,41 juta dolar AS sebagai dana cadangan wajib. Sementara itu, sejumlah 436,61 juta dolar AS sebagai laba ditahan ADMR.

“Kami tidak membagikan dividen karena membutuhkan dana. Ekspansi aluminium dan metallurgical coal butuh dana yang besar,” kata Presiden Direktur Adaro Minerals Christian Ariano Rachmat

Ekspansi bisnis ini merupakan proyek besar yang fokus dikerjakan ADMR kedepan. Proyek pembangunan pabrik pengolahan atau smelter aluminium milik ADMR masih berlangsung dan ditargetkan mulai produksi pada tahun depan.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

قَالَ إِنَّكَ لَن تَسْتَطِيعَ مَعِيَ صَبْرًا الكهف [67] Listen
He said, "Indeed, with me you will never be able to have patience. Al-Kahf ( The Cave ) [67] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi