Selasa, 07/05/2024 - 13:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Pakai Masker di Pesawat, Bantu Tangkal Covid-19?

ADVERTISEMENTS

Sebagian maskapai penerbangan masih menerapkan aturan pakai masker di pesawat.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Hakim federal di Florida, Amerika Serikat, telah mencabut aturan yang mengharuskan memakai masker di pesawat dan transportasi umum lainnya pada Senin (18/4/2022). Menyusul itu, sebagian maskapai besar mengumumkan bahwa masker tidak lagi diperlukan di penerbangan domestik dan penerbangan internasional tertentu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Dengan kabar tersebut, sebagian penumpang senang karena tidak perlu lagi memakai masker. Sementara, banyak juga yang khawatir tentang keamanan menggunakan transportasi massal di antara sekelompok orang asing. Sebenarnya, seberapa besar perlindungan dari memakai masker saat naik pesawat?

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Para ahli penyakit menular mengatakan pemakaian masker masih layak dilakukan, meski sifatnya satu arah. “Masker satu arah memang kurang efektif dibanding masker dua arah, tapi lebih efektif daripada tidak memakai masker sama sekali,” kata Andrew Handel, ahli penyakit menular pediatrik di Rumah Sakit Anak Stony Brook.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh


Masker satu arah sangat protektif terutama jenis masker berkualitas tinggi seperti N95, KN95, atau KF94. Sejumlah jenis masker tersebut dapat menyaring partikel virus dari udara yang dihirup dengan lebih baik. Sementara, masker kain dan masker bedah tidak banyak melindungi dari varian omicron yang sangat menular.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Aplikasi SPSE Pemerintah Aceh Alami Gangguan


Handel merekomendasikan untuk menyalakan ventilasi udara di atas kursi agar udara yang disaring tetap mengalir di sekitar penumpang. Kurangi aktivitas berkeliling di bandara tanpa masker dan perhatikan langkah protokol kesehatan lain seperti menjaga jarak dengan orang lain di bandara atau di lokasi yang ramai.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Penelitian telah menunjukkan bahwa masker yang baik dan pas secara signifikan mengurangi jumlah paparan virus sehingga menurunkan kemungkinan terinfeksi virus. Pakar penyakit menular dan sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Universitas Johns Hopkins, Amesh Adalja, menganjurkan memakai masker bedah atau yang perlindungannya lebih tinggi serta memastikan ukurannya pas di wajah. Jangan sampai ada celah di antara hidung, mulut, dan dagu supaya efektivitas masker tetap optimal.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


Dia mengatakan, kondisi di pesawat terbang memang memiliki sistem penyaringan udara mumpuni yang menghilangkan sebagian besar SARS-CoV-2 dari udara. Fitur tersebut membuat penumpang bisa terbang lebih aman daripada banyak aktivitas dalam ruangan yang ramai lainnya. Namun, tidak ada salahnya untuk tetap mengenakan masker.

Berita Lainnya:
Fadhil Ilyas Ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank Aceh


Adalja menyoroti pula tentang pemakaian masker penumpang anak di pesawat. Meskipun, sebagian besar anak kecil tidak berisiko terkena penyakit parah akibat Covid-19, terutama jika mereka sudah pernah terkena Covid-19 atau telah divaksinasi. Tetap saja, saat anak ada di antara banyak penumpang lain, orang tua bisa merasa waswas. 


Bagi orang tua yang anak-anaknya belum memenuhi syarat untuk vaksin, perlu mempertimbangkan kesehatan anak terlebih dahulu sebelum terbang. “Untuk anak-anak berisiko tinggi yang sudah bisa memakai masker, pemakaian masker satu arah sangat berfungsi,” ucap Adalja.


Dokter spesialis penyakit menular di University of  California, San Fransisco, Monica Gandhi, juga menyarankan publik tetap memakai masker saat berada di tempat ramai seperti bandara, pesawat, atau kereta api. Terutama, orang-orang yang berisiko atau yang sistem kekebalannya terganggu.


“Saya akan merekomendasikan N95, KN95, FFP2, KFN94 atau masker ganda (bedah plus kain) di transportasi umum,” tutur Gandhi, dikutip dari laman Huffington Post, Rabu (20/4/2022).

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi