Kamis, 25/04/2024 - 14:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Tunnel Garam Satu-satunya di Tanah Jambo Aye, Ini Penghasil Produksi Garam di Propinsi Aceh

ADVERTISEMENTS

LHOKSUKON – Aceh Utara terkenal dengan penghasil garam di propinsi Aceh. Dari tahun ke tahun, Aceh Utara memang selalu jadi salah satu wilayah penyumbang utama hasil produksi garam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Secara administrasi Pemerintahan Aceh, Aceh Utara, Aceh Timur, Bireun, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, Aceh Barat Daya dan Aceh Selatan. Semua kabupaten ini tercatat memproduksi garam tiap tahun.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Dari 8 kabupaten ini, jumlah garam yang diproduksi beragam dan fluktuatif alias naik turun. Dikutip dari laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), 8 kabupaten di Aceh selalu menjadi penyumbang produksi garam di Aceh.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Tunnel garam di Desa Merbo Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, kini menjadi proyek percontohan produksi garam dengan sistem tertutup. Program ini dikembangkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Aceh, Bidang Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau kecil. Model yang dikembangkan yakni sistem tunnel yang di bangun tahun 2021.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
DPRK Umumkan 5 Calon Anggota Panwaslih Aceh Barat

Geuchik Gampong  Mns Merbo Nasruddin mengatakan, Produktivitas satu unit lahan tunnel, mencapai 1 ton/meja. Didalamnya terdapat 16 petak lahan dengan 8 petak diantaranya untuk pembuatan air tua, dan sisanya untuk proses kristalisasi garam. Model ini dikembangkan sebagai solusi untuk mengatasi kelangkaan garam, karena proses produksi dapat berlangsung sepanjang tahun tanpa terkendala musim. Sebab meski berada di ruang tertutup, suhu di dalamnya memungkinkan untuk pembentukan kristal garam.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Tunnel garam, Lanjut Nasruddin, yang dikelola oleh Kelompok Intan Family Binaan Penyuluh Perikanan Aceh Utara tersebut baru saja melaksanakan panen perdananya pekan lalu, katanya, Senin (9/5/2022)

Berita Lainnya:
Banda Aceh Sukses Pertahankan Juara Umum Musabaqah Tunas Ramadan

Dari hasil tersebut, kata dia, sementara hanya mencukupi kebutuhan pedagang ikan dan perebus garam untuk kecamatan tanah jambo aye dan kec. Seunuddon. Karena di Kecamatan itu sendiri tidak sedikit masyarakat yang menggantungkan hidupnya sebagai nelayan dan pembudidaya. Sehingga kebutuhan garam guna pengasinan ikan ataupun pengawet alami cukup tinggi.

“Jadi ini bisa disebut juga kemandirian, sangat cocok dengan adanya tunnel garam. Semoga bisa menjadi manfaat dan keberkahan bagi masyarakat Tanah Jambo aye khususnya dan Aceh Utara pada umumnya,” tuturnya.

Ia menambahkan, Tunnel garam ini bukan hanya difungsikan sebagai tempat produksi garam saja, namun rencananya akan buat sebagai tempat wisata dan edukasi.

“Selain itu bisa menjadi rekomendasi untuk berswafoto, karena suasanya yang rapih bersih dan bentuk tambak yang bagus,” ungkapnya.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi