Kamis, 18/04/2024 - 08:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Bendungan Engehalde Bern Jadi Akhir Perjalanan Eril

ADVERTISEMENTS

Almarhum Eril rencananya akan dimakamkan pada Senin (13/6/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 BANDUNG — Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, Swiss dan Perwakilan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan polisi Swiss telah menemukan jenazah, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril pada Rabu (8/6/2022). Jenazah putra sulung Gubernur Ridwan Kamil itu ditemukan di Bendungan Engehalde Bern pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad, pada konferensi pers yang digelar secara virtual, Kamis (9/6/2022) malam, menyampaikan kabar bahwa kemarin (Rabu) Kepolisian Kantor Bern bertemu di Kantor KBRI Bern bersama keluarga, untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah Eril.

ADVERTISEMENTS


Sesuai prosedur berlaku, tim forensik kepolisian segera mengidentifikasi dan menelusuri DNA (deoxyribonucleic acid), untuk memastikan jasad yang ditemukan tersebut benar ananda Eril. Pada Kamis (9/6/2022) siang waktu Swiss pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa jasad DNA adalah Ananda Eril. 


Hal ini juga disampaikan secara resmi melalui media rilis mereka pada pukul 13.45 waktu Swiss. Selanjutnya pihak kepolisian Swiss menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke pengadilan kantor Bern sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jenazah ananda Eril dari pihak kepolisian kepada keluarga.


“Sekitar dua jam lalu, pihak pengadilan memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad ananda Eril” ujar Muliaman.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


KBRI Bern tentunya memastikan, penghormatan hak-hak Eril sebagai Muslim terpenuhi sesuai syariat Islam untuk selanjutnya KBRI Bern terus mendampingi keluarga dalam Persiapan dalam proses pengurusan repatriasi ananda Eril ke Tanah Air, kata Muliaman.


Muliaman mengatakan, KBRI akan memastikan untuk pengawalan kaitan repatriasi jasad Eril hingga tiba di Indonesia. KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga Eril tiba di Indonesia.


“Kami mohon doa dan dukungan teman-teman media sekalian agar seluruh proseskepulangan ananda Eril ke Indonesia dapat berjalan dengan lancar” katanya.

Berita Lainnya:
Tim Hukum AMIN akan Beberkan Bukti Kecurangan Pemilu Lewat Tayangan Video


Setiba di Jakarta nanti Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi kedatangan rombongan di Bandara Soekarno Hatta.


Di tempat yang sama, adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman menyampaikan, pihak keluarga akan menerima jasad Eril dan akan menyempurnakannya sebagaimana syariat Islam. Elpi menuturkan, Eril akan dimandikan, dikafani, disalatkandan dikuburkan dengan cara Islam.


“Keluarga akan menerima almarhum Eril untuk kemudian kami akan menyempurnakan hak Eril selaku muslim. Untuk waktu, kami belum bisa memastikan pasti kapan akan tiba di Indonesia tapi pada dasarnya kami akan lakukan secepatnya sejauh yang memungkinkan tergantung kondisi situasi sumberdaya yang mendukung,” tutur Elpi.


Elpi juga mengatakan bahwa pihak keluarga berharap jasad Eril bisa tiba di Indonesia pada hari Sabtu (11/6/2022) dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pencarian. Mulai dari pihak kepolisian Bern, kepolisian maritim Bern, Pemerintah Kota Bern, pemerintahan federal Swiss, juga KBRI di Bern.


“Kami merasa tidak sendirian dan negara hadir melindungi warganyadimana pun,” ujar Elpi.


Ajukan izin


Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berinisiatif kembali menyampaikan permohonan izin gubernur ke luar negeri dengan alasan penting ke Kementerian Dalam Negeri selama 11 hari selama 9 – 19 Juni 2022. Pengajuan izin tersebut setelah mendapat kabar dari Swiss ada perkembangan signifikan dari polisi Swiss yang terus mencari jasad anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz, yang hilang di Sungai Aare, Bern.


“Alhamdulillah izin sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri mulai tanggal 9 hingga 19 Juni 2022,” kata Kepala Biro Adpim Jabar Wahyu Mijaya.


Untuk memastikan pemerintahan tetap berjalan, kata Wahyu, Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum kembali akan menjadi pelaksana harian Gubernur Jabar sampai kembalinya Ridwan Kamil ke Tanah Air. Sementara Gubernur Ridwan Kamil sendiri sudah berangkat ke Swiss, Kamis (9/6/2022).


Pihak keluarga yang sudah ada di Swiss, mengawal pencarian meminta Gubernur RidwanKamil segera datang ke Swiss.”Insya Allah jika sudah ada perkembangan lebih lanjut, (KBRI) akan memberikan berbagai informasi terkait yang ada di sana,” katanya.

Berita Lainnya:
Rocky Gerung: Masuk Akal Prabowo Menang di 34 Provinsi, Anies Menang di Aceh dan Sumbar


Wahyu meminta dukungan doa dari seluruh lapisan masyarakat untuk yang terbaik bagi Eril.Wahyu juga berterima kasih kepada awak media yang terus memberitakan kabar baik mengenai Emmeril Kahn Mumtadz dengan prinsip jurnalisme empatik.


“Kami berharap dukungan doa dari seluruh lapisan masyarakat, dan terima kasih atas kebaikannya sehingga proses pencarian ananda Eril ini mudah-mudahan rekan-rekan (media) nanti mendapatkan informasi-informasi terbaru dan semuanya diberikan kebaikan,” kata Wahyu.


Dimakamkan Senin


Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menuturkan jenazah putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akan tiba di Indonesia pada Ahad (12/6/2022) dan rencananya akan dimakamkan pada Senin (13/6/2022). Rencana pemakaman tersebut disampaikan oleh Ridwan Kamil melalui unggahan di akun Instagram @ridwankamil, Kamis (9/6/2022) malam.


“Alhamdulillah Ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Khan Mumtadz sudah ditemukan. Jenazah Insya Allah kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di hari Senin,” tulis dia.


Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sendiri hingga saat ini belum bisa memastikan titik lokasi pemakaman putra sulung Gubernur Ridwan Kamil, yakni Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril di Indonesia.


Wahyu mengatakan Pemprov Jabar masih berkoordinasi dengan keluarga besar Gubernur Ridwan Kamil, terkaitpemakaman Eril. Selain itu, lanjut Wahyu, Pemprov Jabar juga terus berkoordinasi dengan KBRI terkait rencana pemulangan jenazah Eril ke Indonesia.


Wahyu menuturkan terkait rumah duka untuk menyambut kepulangan jenazah Eril hingga saat ini belum diputuskan. “Informasi baru didapat barusan. Apakah rumah duka akan di sini atau rumah pribadi beliau. Nanti akan diinfokan. Sementara tidak mengagendakan demikian, kemungkinan menjemput hanya di bandara saja tidak ke Swiss,” kata dia.


 


sumber : Antara

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi