Jumat, 19/04/2024 - 21:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Bagaimana Kalau Anak Sudah Telanjur Jadi Pecandu Narkoba?

ADVERTISEMENTS

Peran keluarga penting dalam mencegah anak tergoda menggunakan narkoba.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengingatkan pentingnya peran keluarga dalam mencegah anak tergoda menggunakan narkoba. Lalu, bagaimana jika anak sudah telanjur mengonsumsi atau bahkan kecanduan narkoba?

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Veramendorong orang tua untuk segera mencari bantuan untuk menyelamatkan mereka. Selain itu, ayah dan ibu perlu mengevaluasi diri dan pola pengasuhan.

ADVERTISEMENTS


“Beri anak kesempatan kedua dan kesekian kemudian cegah relapse (kekambuhan) dengan memberikan dukungan positif dan pendampingan,” kata Vera saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa (14/6/2022).


Menurut Vera, perkembangan otak pada anak dan remaja belum sempurna, khususnya di bagian prefrontal cortex yang membantu untuk berpikir logis, mengambil keputusan, dan memilah mana yang baik dan buruk. Itu sebabnya, peran orang dewasa sangat dibutuhkan untuk mengontrol perilaku mereka.

Berita Lainnya:
PR Besar Pj Gubernur Bustami Hamzah Tuntaskan Persoalan di Aceh


Di sisi lain, remaja perlu menyadari bahwa segala keputusan dan perilaku mereka lebih banyak dipengaruhi emosi. Semua keputusan berdasarkan emosi sering berakhir tidak baik karena tanpa pertimbangan matang.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Oleh karena itu, mereka butuh bantuan orang dewasa sebagai teman diskusi sebelum memutuskan sesuatu,” kata psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia itu.


Selain itu, menurut Vera, orang tua juga perlu memberikan pengawasan, membangun hubungan yang positif dengan anak, dan menerapkan pola pengasuhan yang baik. Pasalnya, selain karena faktor pergaulan yang menyimpang dan masalah perilaku di sekolah, pengawasan yang rendah dari orang tua dan pengasuhan yang kasar juga dapat menjadi faktor yang memengaruhi anak mencoba menggunakan narkoba.

Berita Lainnya:
Kebakaran di Langsa: 43 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal


Menurut Vera, salah satu yang dapat dilakukan untuk membangun pola asuh yang baik adalah dengan meluangkan waktu khusus secara rutin. Ayah dan ibu perlu menjalin hubungan baik dengan anak.


“Waktu khusus berdua di luar rutinitas, bergantian dengan ayah dan ibu, 10-15 menit sehari atau dua-tiga kali sepekan tiap anak untuk melakukan aktivitas santai dan menyenangkan. Dengan ini, anak akan lebih leluasa mengekspresikan diri, merasa diterima, dan dihargai,” ujar Vera.


sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi