Jumat, 01/03/2024 - 13:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Tiga Ciri Kepribadian Ini Pengaruhi Umur Panjang, Tampak pada Orang yang Usianya 100 Tahun

ADVERTISEMENTS

Seperti apa kepribadian orang yang usianya sampai 100 tahun?

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

JAKARTA — Sebagian kecil orang bisa hidup sampai usia 100 tahun ke atas. Apa yang membuat orang dapat menjadi centenarian? Temuan terbaru mengungkap bahwa kepribadian turut berpengaruh pada kemungkinan untuk berumur panjang.

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal AGE, para peneliti berusaha untuk mengeksplorasi kemungkinan kepribadian memengaruhi umur panjang. Untuk sampai pada temuan mereka, para peneliti memeriksa karakteristik kepribadian centenarian.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Para peneliti mengembangkan metode yang membandingkan skor tes kepribadian yang sebenarnya untuk centenarian dengan skor tes yang diprediksi untuk orang berusia 100 tahun dibandingkan dengan kontrol yang lebih muda. Para peserta terdiri dari 70 centenarian Jepang berusia 100 sampai 106 tahun yang memiliki kemampuan kognitif yang baik dengan dan 1.812 orang tua berusia 60 sampai 84 tahun, semuanya penduduk Tokyo.

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional
Berita Lainnya:
Rumah Sakit Bhayangkara Polda Aceh Audiensi ke USK

Inventarisasi lima faktor NEO (NEO-FFI) digunakan untuk menilai lima besar ciri-ciri kepribadian, yaitu neurotisisme, ekstraversi, keterbukaan, keramahan, dan kesadaran. Apa yang berhasil diungkap para peneliti?

ADVERTISEMENTS


Hasilnya menunjukkan keterbukaan yang lebih tinggi pada pria dan wanita berusia 100 tahun. Perempuan berusia 100 tahun juga punya kesadaran serta ekstraversi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

“Hasil ini menunjukkan bahwa skor tinggi dalam ciri-ciri kepribadian tertentu, seperti ketelitian, ekstraversi, dan keterbukaan, dikaitkan dengan umur panjang,” tulis para peneliti seperti dilansir dari laman Express, Selasa (14/6/2022).

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh
Berita Lainnya:
Tiga Madrasah di Aceh Barat Raih Juara Transformasi Digital

Peneliti berspekulasi bahwa ciri-ciri kepribadian ini berkontribusi pada umur panjang melalui perilaku yang berhubungan dengan kesehatan, pengurangan stres, dan adaptasi terhadap masalah yang menantang dari usia.


Sejak penelitian ini diterbitkan, para peneliti juga telah mengidentifikasi ciri kepribadian yang kurang terkait dengan umur panjang. Menurut sebuah studi tentang penanda umur panjang, yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One, tingkat neurotisisme yang lebih rendah lebih kondusif untuk umur panjang.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi