Sabtu, 15/06/2024 - 11:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Jurnalis Dilarang Meliput Peringatan 25 Tahun Kembalinya Hong Kong ke China

Hong Kong melarang jurnalis meliput peringatan 25 tahun kembalinya Hong Kong ke China

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

HONG KONG — Pihak berwenang Hong Kong melarang lebih dari sepuluh jurnalis untuk meliput peringatan 25 tahun kembalinya Hong Kong ke China, dengan alasan keamanan. Menurut Asosiasi Jurnalis Hong Kong, para jurnalis yang dilarang setidaknya mewakili tujuh outlet media, termasuk kantor berita internasional Reuters, Agence France-Presse dan beberapa media Hong Kong.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Pihak berwenang telah membuat pengaturan wawancara ad hoc pada saat yang penting ini, dan telah mengajukan alasan yang tidak jelas untuk penolakan, ini secara serius merusak kebebasan pers di Hong Kong,” ujar pernyataan Asosiasi Jurnalis Hong Kong.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Media Hong Kong yang dilarang meliput peringatan tersebut antara lain South China Morning Post yang berbahasa Inggris, dan surat kabar berbahasa Mandarin, Ming Pao, serta outlet berita online HK01. South China Morning Post mengatakan, salah satu fotografernya telah ditolak, tanpa alasan yang jelas.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Penolakan tersebut muncul di tengah persyaratan ketat bagi mereka yang menghadiri acara peringatan 25 tahun penyerahan Hong Kong dari Inggris kepada China pada 1 Juli.  Wartawan yang meliput acara tersebut harus menjalani tes asam nukleat setiap hari mulai pekan lalu dan tinggal di hotel karantina mulai Rabu (29/6/2022), untuk mencegah Covid-19.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Kelompok HAM AS Desak Biden Hormati Independensi ICC

Sebuah laporan berita oleh Hong Kong Economic Journal mengatakan, setidaknya tiga jurnalis lain dari outlet berita lokal menerima pemberitahuan pada Rabu (29/6/2022) bahwa, aplikasi mereka untuk meliput peringatan tersebut telah ditolak.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Meskipun menerima persetujuan yang memiliki instruksi untuk check-in ke hotel karantina, beberapa jurnalis menerima pemberitahuan penolakan pada hari Rabu saat dalam perjalanan ke hotel. Sementara yang lain menerima pemberitahuan bahwa mereka dilarang meliput acara tersebut pada saat kedatangan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Pihak berwenang telah meminta media mengajukan hingga 20 aplikasi untuk meliput acara tersebut. Tetapi pihak berwenang kemudian menetapkan bahwa, hanya satu jurnalis dari setiap media yang dapat meliput masing-masing dua peristiwa. Peringatan tersebut terdiri dari dua acara yaitu upacara kenegaraan dan pelantikan pemimpin baru Hong Kong.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
China Tegaskan Kemerdekaan Taiwan Berarti Perang

Reuters telah mengajukan dua nama jurnalis untuk meliput acara tersebut, namun ditolak. Organisasi media yang terkena dampak diminta mengirim jurnalis lain untuk meliput acara tersebut, tetapi penggantinya juga harus memenuhi persyaratan karantina dan pengujian. Departemen Layanan Informasi menolak memberikan informasi tentang berapa banyak jurnalis yang diberikan akreditasi.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Pemerintah berusaha menyeimbangkan sejauh mungkin antara kebutuhan pekerjaan media dan persyaratan keamanan. Kami tidak akan mengomentari hasil akreditasi organisasi dan individu individu,” kata Departemen Layanan Informasi dalam sebuah pernyataan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Penolakan tersebut muncul ketika polisi Hong Kong mengkonfirmasi bahwa Presiden China Xi Jinping akan hadir dalam peringatan kembalinya bekas jajahan Inggris ke pemerintahan China. Kunjungan Xi akan menjadi perjalanan pertamanya di luar daratan China sejak pandemi virus corona berlangsung sekitar 2,5 tahun yang lalu.  Polisi telah mengumumkan serangkaian tindakan keamanan, termasuk penutupan jalan dan zona larangan terbang.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard


sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا الكهف [10] Listen
[Mention] when the youths retreated to the cave and said, "Our Lord, grant us from Yourself mercy and prepare for us from our affair right guidance." Al-Kahf ( The Cave ) [10] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi