Rabu, 08/05/2024 - 18:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Pakar Nilai GoTo Mampu Buyback Saham Pakai Duit Sendiri

ADVERTISEMENTS

Goto dinilai memiliki arus kas yang kuat.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Asisten Profesor Entrepreneurship and Technology Management Interest Group dari SBM ITB Dina Dellyana menilai GoTo mampu melakukan pembelian kembali atau buyback saham pakai duit sendiri. Pasalnya, perusahaan memiliki arus kas yang kuat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Pernyataan itu dia sampaikan menanggapi pernyataan sejumlah anggota parlemen yang beranggapan investasi Telkomsel digunakan GoTo untuk buyback saham milik investor lama. “Cara mengujinya sangat gampang bisa melihat data laporan keuangan GoTo maupun prospektus saat mereka IPO. Di situ terlihat jelas kemampuan keuangan mereka,” ujarnya dalam dalam Rapat Panitia Kerja bersama Komisi VI DPR RI di Jakarta, Rabu (29/6/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Dina merupakan salah satu narasumber yang didatangkan untuk mengulik investasi perusahaan pelat merah pada perusahaan digital. Pada November 2020 lalu, Telkomsel tercatat menanamkan modal sebesar Rp 2,1 triliun. Posisi kas GoTo mencapai angka Rp 15,3 triliun hingga akhir 2020.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Kementerian Investasi Cek Tata Kelola Investasi PT Vale


Dina menganalisa dengan masuknya modal pertama Telkomsel sebesar Rp2,1 triliun tersebut, maka investasi anak usaha Telkom itu hanya menyumbang 13,7 persen terhadap total kas GoTo. Menurutnya, arus kas GoTo sangat kuat bahkan tanpa ada investasi dari Telkomsel.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Berdasarkan data publik, Telkomsel exercise opsi beli saham sebesar 300 juta dolar AS pada Mei 2021, sehingga total investasi Telkomsel di GoTo menjadi Rp 6,4 triliun. Kemudian buyback saham GoTo terjadi pada akhir tahun lalu, rentang waktu ini terbilang cukup lama dari masuknya investasi Telkomsel pada Mei 2021.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Layanan Gojek Plus Meluncur, Ini Keuntungan untuk Pengguna


Selain itu, soal pre-IPO fundraising, sebelum melakukan buyback, GoTo telah melakukan pre-IPO fundraising pada Juli sampai November 2021, dan berhasil mengumpulkan dana lebih dari 1,3 miliar dolar AS. Sementara mengacu ke laporan keuangan GoTo posisi kas dan setara kas perusahaan adalah Rp 17,9 triliun pada September 2021 atau 2,7 kali dari investasi Telkomsel.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


Sedangkan, kas GoTo tercatat mencapai Rp 31,1 triliun atau 4,85 kali dari total investasi Telkomsel pada Desember 2021. Adapun total dana yang digunakan dalam melakukan pembelian kembali saham adalah sebesar Rp1,7 triliun.


sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi