Jumat, 21/06/2024 - 05:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Jelang Idul Adha, Komunitas KITA Kampanye Gerakan Ramah Lingkungan 

Idul Adha atau Idul Qurban merupakan momentum tingkatkan kesalehan sosial

JAKARTA— Ratusan Komunitas Indonesia Timur yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) kembali melakukan kegiatan inspiratif. Pada Hari Raya Idul Adha 1443 H, KITA menggelar program dengan tema KITA Berbagi 2022; Bangkit Bersama Menjadi Pemenang. 


Dalam kegiatan yang akan berlangsung pada 9 – 12 Juli 2022 ini, komunitas dari berbagai hobi, profesi, dan pekerjaan akan melakukan qurban secara bersama di 52 kota di Indonesia Timur. 


Inspire Indonesia selaku inisiator kegiatan KITA Berbagi 2022  Bayu Surya Pamugar Sugeng mengatakan saat ini sudah ada sekitar 649 komunitas yang akan menyemarakkan KITA Berbagi 2022 dengan total hewan qurban sebanyak 342. 


“Ini data sementara. Kami berharap jumlah komunitas dan hewan qurban akan terus bertambah, sehingga penerima manfaatnya juga semakin banyak. Terima kasih atas partisipasi dan dukungan teman-teman Komunitas Indonesia Timur Area,” ujarnya, Jumat (8/7/2022). 


Bayu menjelaskan, program KITA Berbagi telah memasuki tahun ketiga. Kegiatan yang ditujukan untuk membangun dan memperkuat kolaborasi di antara berbagai komunitas di Indonesia Timur telah dilaksanakan sejak 2020 dan 2021. Pada KITA Berbagi 2022, Kolaborasi KITA mengusung tema Gerakan Ramah Lingkungan. 

Berita Lainnya:
Apakah Larangan Memotong Kuku dan Rambut Juga Berlaku Bagi Hewan Kurban?


“Tahun lalu hanya sebagian komunitas yang menggunakan wadah non plastik. Tahun ini, seluruh wadah daging qurban di 52 kota akan menggunakan media lain seperti besek, daun jati, daun pisang, dan wadah lain yang mudah terurai. Dengan cara ini Komunitas Indonesia Timur ingin menjadi bagian dalam program penyelamatan lingkungan,” jelasnya. 


Dalam pelaksanaannya, Kegiatan KITA Berbagi 2022 akan tetap menerapkan standar protokol kesehatan. Selain itu, komunitas  juga akan bekerjasama dengan pengelola masjid dan panitia qurban di berbagai kota di Indonesia. Dengan begitu, proses penyembelihan hewan hingga pembagian daging qurban dilakukan dengan benar dan baik.   


Penasehat Kolaborasi KITA . Gunawan Prasetyo menilai konsistensi Kolaborasi KITA dalam menggelar program KITA Berbagi patut diapresiasi. Dengan bergabungnya berbagai jejaring komunitas besar seperti Bold Riders, Heppiii Community, Kill The LAst, Super Adventure, Super Friends dan berbagai komunitas Super lainnya, membuktikan kegiatan KITA Berbagi sangat positif dan ditunggu oleh banyak komunitas. 

Berita Lainnya:
Aksi Bagi-Bagi Buku Bersampul Jan Ethes Jadi Sorotan, Gibran Minta Maaf


“Harapan saya, kegiatan KITA Berbagi 2022 dapat berjalan lancar, tetap menerapkan protokol kesehatan dan semakin meningkatkan hubungan di antara komunitas Indonesia Timur. Kita bangga bisa menjadi bagian kolaborasi yang positif dan telah menjadi inspirasi bagi banyak komunitas lainnya dapat bergabung dalam kegiatan ini,” ucapnya. 


Pada 2020 dan 2021, program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapaiannya. Pada 2021, Komunitas KITA meraih rekor MURI khusus kategori jumlah pembagian paket qurban terbanyak dengan total 13.398 paket qurban. 


Tahun ini kolaborasi berbagai komunitas ini akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan qurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (non plastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.


Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

قَيِّمًا لِّيُنذِرَ بَأْسًا شَدِيدًا مِّن لَّدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا حَسَنًا الكهف [2] Listen
[He has made it] straight, to warn of severe punishment from Him and to give good tidings to the believers who do righteous deeds that they will have a good reward Al-Kahf ( The Cave ) [2] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi