Minggu, 05/05/2024 - 21:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Dosen Pulang Kampung IPB University Rancang Aplikasi Wisata Gunung Dago

ADVERTISEMENTS

Aplikasi dirancang menjadi media promosi Wana Wisata Gunung Dago.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

BOGOR — Tiga dosen dan dua mahasiswa dari Sekolah Vokasi IPB University berencana mengembangkan aplikasi wisata di Wana Wisata Gunung Dago, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor. Pengembangan aplikasi ini merupakan bagian dari kegiatan Dosen Pulang Kampung, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Dalam memulai program ini, tim mengunjungi secara langsung kawasan wisata yang berada di lahan milik Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bogor itu, Jumat  (1/7/2022). Kunjungan ini dalam rangka memberikan sosialisasi awal untuk menyampaikan program yang akan dilakukan mengenai pengembangan digitalisasi wisata berbasis alam di Wana Wisata Gunung Dago.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


“Selain sosialisasi, kami juga akan menggali masukan untuk pengembangan aplikasi wisata. Kami harap program dosen mengabdi ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan untuk menebar manfaat,” ujar Ketua Tim Dosen Mengabdi Pulang Kampung, Muhammad Faturokhman  SPt  MSi dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (8/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Ingin Sukses Digitalpreneur, Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber Universty


Ia berharap aplikasi yang akan dirancang ini menjadi media promosi yang akan memperkenalkan Wana Wisata Gunung Dago. Fathur juga menyoroti salah satu cara untuk mempercepat pengembangan wisata dengan penyebaran informasi melalui digitalisasi media, baik melalui pembuatan aplikasi atau pemanfaatan media sosial.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Tim dosen mengabdi lainnya, Dr Rini Untari berharap aplikasi ini bisa berdampak terhadap keberlanjutan wana wisata.  “Aplikasi ini akan menjadi media untuk mengetahui daya tarik dan atraksi wisata, aksesibilitas, fasilitas sarana prasarana di destinasi. Selain itu, nantinya pengunjung yang akan datang bisa melakukan reservasi terlebih dahulu termasuk pemesanan tiket melalui aplikasi ini,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Pengaturan jumlah pengunjung juga perlu dilakukan. Menurut Dr Rini, pengunjung yang datang diupayakan tidak melebihi daya dukung Kawasan.  “Ini sebagai upaya untuk mempertahankan kegiatan wisata alam agar bisa berkelanjutan,” jelas dosen Program Studi Ekowisata Sekolah Vokasi IPB University itu.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Mengungkap Ragam Tools Favorit Data Scientist dalam Pengolahan Data


Sementara itu, Aep Setiawan  SSi  MSi, dosen Program Studi Teknik Komputer Sekolah Vokasi IPB University menyampaikan aplikasi yang akan dirancang bisa diunduh melalui play store dan bersifat mobile.  ”Semua orang bisa mengakses aplikasi ini. Fitur-fitur yang disediakan diharapkan bisa memudahkan pengguna aplikasi yang ingin berkunjung ke Wana Wisata Gunung Dago,” ujarnya.


Sementara itu Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wana Cendana, Rustam menyambut positif program dosen mengabdi yang membantu dalam perancangan aplikasi wisata.  “Aplikasi ini semoga bisa kami dimanfaatkan dengan baik ke depannya. Sehingga bisa mempermudah pengunjung untuk datang ke Wana Wisata Gunung Dago,” ujarnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi