Selasa, 07/05/2024 - 04:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Badan Pangan Nasional Gelar Rakor dengan Perwakilan 514 Kota/Kabupaten

ADVERTISEMENTS

Saat ini Bapanas fokus pada ketersediaan dan distribusi pangan lokal agar merata.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 KOTA BOGOR — Badan Pangan Nasional menyelenggarakan rapat koordinasi perdana dengan 514 daerah kota dan kabupaten di 34 provinsi dalam membangun kolaborasi stabilitas pangan dari daerah penghasil dan daerah konsumtif.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi saat memberikan keterangan pers usai pembukaan rapat koordinasi Badan Pangan Nasional secara nasional di IPB International Convention Center (IICC) Bogor, Jawa Barat, Kamis (14/7/2022), mengatakan, kini Badan Pangan Nasional telah melengkapi deputi-deputi untuk segera menyerap masukan dari daerah. “Hari ini kita baru bisa kumpul setelah sebelumnya daring. Saya minta kepada seluruh deputi mendengar masukan dari seluruh teman di kabupaten kota, terutama untuk stabilitas pangan baik di hulu maupun di hilir,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Arief menyebutkan, terdapat beberapa bidang yang menjadi fokus kerja Badan Pangan Nasional. Antara lain kerja sama antar lembaga, ketersediaan dan stabilitas pangan, kerawanan pangan dan gizi, penganekaragaman konsumsi dan kerawanan pangan. Hal ini, kata dia, sesuai dengan amanat Presiden Jokowi bahwa perlu memproduksi sembilan pangan strategis yang tertera dalam Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2021 yakni beras, minyak goreng, gula pasir, bawang merah, cabai besar, cabai rawit, daging ayam ras, dan telur ayam.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Menaker: Kurang dari 8 Persen Perusahaan yang Beri Pelatihan Kepada Karyawan

“Di Perpres Badan Pangan Nasional disebutkan pangan-pangan strategis itu ada sembilan dan ini menjadi PR kita semua, sehingga kita bisa mencukupi pangan dalam negeri,” ungkap Arief.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menurutnya, saat ini Badan Pangan Nasional fokus pada ketersediaan dan distribusi pangan lokal agar merata ke semua daerah. Badan Pangan Nasional akan mengkoordinasikan daerah penghasil dengan daerah konsumtif melalui kerja sama antar lembaga, daerah dan Kementerian Perhubungan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
KAI Operasikan Kereta Tambahan Arus Balik Rute Solo-Pasar Senen

“Dalam rapat ini, kami jelaskan betapa kolaborasi sinergi antar kementerian dan lembaga dan kerja sama antar daerah karena kita juga harus atur daerah-daerah yang surplus, daerah-daerah mana yang defisit, sehingga kita bisa didistribusikan dengan baik,” jelasnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Arief menyampaikan, masyarakat harus bersyukur, di saat krisis pangan di sejumlah negara, Indonesia mampu menyediakan pangan sendiri. Bahkan bahan pangan strategis telur ayam telah berhasil ekspor ke sejumlah negara tetangga. Hal itu bisa tercapai karena ketersediaan bahan pangan tersebut cukup melimpah di Indonesia berkat koordinasi semua pihak terhadap ketahanan pangan nasional.

“Untuk itu, diperlukan, kalau kita punya ketersediaan cukup, kita juga sudah mengekspor bersama Kementerian Pertanian ayam ke luar negeri. Artinya, banyak juga negara-negara tetangga mengharapkan Indonesia membantu pangan internasional,” kata dia.


 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi