Jumat, 03/05/2024 - 06:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Bawaslu dan Polri Sepakat Penguatan Sentra Gakkumdu Pemilu

ADVERTISEMENTS

Bawaslu dan Polri sepakat dalam penegakan hukum pemilu perlu ada penguatan

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) melakukan audiensi dengan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) beserta jajarannya pada Jumat (15/7/2022). Bawaslu dan Polri sepakat dalam penegakan hukum pemilu perlu ada penguatan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Di dalam Sentra Gakkumdu terdapat unsur pengawas pemilu, kepolisian, dan kejaksaan. Maka, dalam pertemuan tersebut, Bawaslu meminta agar personel kepolisian yang ditugaskan di Sentra Gakkumdu tidak dibebani tugas lain,” ujar Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dalam siaran persnya, Sabtu (16/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Bawaslu berharap, anggota polisi di Sentra Gakkumdu di semua tingkatan dan wilayah diizinkan untuk fokus menjalani tugasnya sebagai penegak hukum pemilu. Hal itu mengingat waktu penanganan pelanggaran pemilu yang singkat karena terbatas tahapan pemilu.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Pengamat: Jokowi Pegang Kartu Truf Para Ketum Meski Tak Punya Partai

Bawaslu memandang Polri memegang peranan penting dalam pencegahan pelanggaran pemilu dan terjadinya perpecahan yang mungkin dipicu oleh disinformasi dan misinformasi di media siber. Untuk itu, Bawaslu pun akan bekerja sama dengan kepolisian dalam mencegah dan menindak kejahatan siber yang biasa masif terjadi pada masa tahapan pemilu.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Di samping itu, kerja sama juga akan dilakukan dalam hal pengawasan netralitas Polri, karena Polri diwajibkan netral dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan kepala daerah (pilkada). Di sisi lain, Bawaslu diberi tugas oleh undang-undang untuk mengawasi netralitas itu.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dalam hal keamanan, Bawaslu dan Polri membahas keamanan seluruh proses Pemilu dan Pilkada 2024. Keamanan bukan hanya dalam hal penyelenggaraan yang melibatkan penyelenggara pemilu, tetapi juga keamanan masyarakat, seperti menyampaikan aspirasi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Antisipasi keamanan itu dilakukan dengan merujuk pada Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang diterbitkan Bawaslu. Lebih lanjut, kerja sama juga dilakukan dalam hal sumber daya manusia (SDM), yang menyangkut peningkatan kapasitas melalui pelatihan serta pemanfaatan SDM, baik dari pihak Polri maupun Bawaslu.

Berita Lainnya:
BPOM: Industri Kecantikan Meningkat 21,9 Persen dalam Setahun

Polri menyatakan kesediannya meningkatkan kapasitas SDM Bawaslu dalam hal investigasi dan klarifikasi dalam penegakan hukum pemilu. Kerja sama juga dilakukan dengan pemberian dukungan Polri bagi Bawaslu untuk memanfaatkan sarana dan prasarana kepolisian di setiap kepolisian daerah (polda) dalam penyelenggaraan pemilu.

Polri akan menyediakan ruang-ruang yang dimilikinya sebagai tempat pelatihan Polri Kapolri Listyo Sigit mengatakan, semua hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut akan dituangkan dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Bawaslu dan Polri.

Selain untuk Bawaslu, MoU tersebut juga akan menjadi acuan kerja hingga di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.


Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi