Selasa, 21/05/2024 - 08:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

PM Jepang Copot Menteri yang Punya Hubungan dengan Gereja Unifikasi

Gereja Unifikasi memiliki keterkaitan atas pembunuhan mantan PM Shinzo Abe.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 TOKYO — Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida merombak kabinetnya pada Rabu (10/8/2022) dalam upaya untuk menjauhkan pemerintahannya dari Gereja Unifikasi yang memiliki keterkaitan atas pembunuhan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe. Dukungan publik untuk pemerintahan Kishida menurun setelah pembunuhan Abe pada 8 Juli lalu. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan


Kishida kemudian menyerukan perombakan kabinet hanya dalam 10 bulan sejak dia berkuasa. Sebelumnya pada Selasa (9/8/2022), Kishida mengatakan, ada tinjauan ketat mengenai keterkaitan para kandidat menteri dengan Gereja Unifikasi. Hal ini menjadi “prasyarat” dalam jajaran pejabat Kabinet dan eksekutif Partai Demokrat Liberal yang baru.

Berita Lainnya:
Ajang Balap Mobil Sri Lanka Tewaskan Tujuh Orang


Kishida telah menginstruksikan para menteri dan pejabat senior lainnya untuk mengklarifikasi hubungan mereka dengan Gereja Unifikasi. Langkah ini diambil agar pemerintahan Kishida dapat kembali dipercaya oleh rakyat Jepang.


Abe tewas ditembak saat memberikan pidato kampanye dua hari sebelum pemilihan parlemen. Laporan polisi dan media mengatakan, pelaku menargetkan Abe atas dugaan keterkaitannya dengan Gereja Unifikasi. Ibu pelaku dikonfirmasi sebagai anggota Gereja Unifikasi. Pelaku mempunyai dendam kepada kelompok gereja tersebut karena telah membuat ibunya bangkrut. Pelaku mengatakan kepada polisi bahwa, ibunya memberikan sumbangan besar-besaran kepada Gereja Unifikasi hingga hartanya terkuras. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Sebuah survei yang dirilis oleh NHK pada Senin (8/8/2022) menunjukkan dukungan untuk Kabinet Kishida turun menjadi 46 persen dari 59 persen. Sebagian besar responden mengatakan, politisi belum mengutarakan penjelasan yang cukup mengenai hubungan mereka dengan Gereja Unifikasi.  

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Rektor Columbia University Meminta Pengunjuk Rasa Pro-Palestina Bubar


Tujuh menteri yang mengakui hubungan mereka dengan Gereja Unifikasi telah dilengserkan. Mereka termasuk Menteri Pertahanan Nobuo Kishi, yang merupakan adik laki-laki Abe. Kishi mengatakan, pengikut Gereja Unifikasi adalah sukarelawan dalam kampanye pemilihan sebelumnya. Kemudian Ketua Komisi Keamanan Publik Satoshi Ninoyu, juga dicopot. Ninoyu diketahui menghadiri sebuah acara yang diselenggarakan oleh organisasi yang terkait dengan Gereja Unifikasi.


 

ADVERTISEMENTS


sumber : AP

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi