Jumat, 03/05/2024 - 13:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Indofood Dukung Penggunaan Sorgum untuk Alternatif Bahan Baku Mi Instan

ADVERTISEMENTS

Indofood menilai penting penggunaan Sorgum untuk subtitusi tepung terigu

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Kementerian Pertanian menggelar pertemuan dengan PT Indofood Sukses Makmur Tbk, pada Jumat (12/8/2022) di Jakarta untuk membahas pengembangan penggunaan sorgum sebagai alternatif gandum untuk pembuatan mie instant.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Seperti dikutip dalam Siaran Pers Kementerian Pertanian, Jumat (12/8/2022), Direktur Indofood, Fransiscus Welirang mengatakan, pihaknya mendukung penuh upaya pemerintah dalam mengantisipasi krisis pangan global dengan mencari alternatif bahan baku lokal seperti sorgum.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Menurutnya, sorgum merupakan tanaman asli Indonesia yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pangan nasional.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh


“Kita dengan Pak Mentan SYL (Syahrul Yasin Limpo) memperbincangkan banyak hal, tapi intinya bagaimana kita saat ini bisa mengembangkan bahan baku lokal seperti sorgum. Jadi, nanti ada program pengembangan tanaman sorgum bersama-sama” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Genjot Produksi, Mentan Cetak Sawah 500 Ribu Hektare di Papua Selatan


Franky, sapaan akrabnya, mengatakan, pengembangan sorgum sangat penting dilakukan untuk mensubtitusi tepung terigu berbahan gandum impor yang saat ini mulai sulit didapatkan akibat berbagai krisis global.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Ia menuturkan, Indofood sebagai salah satu pelaku Industri pangan berbasis gandum dan produsen mie instan Indomie siap melakukan proses pengolahannya namun pemerintah harus lebih berkonsentrasi pada ranah produksi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


“Pertanian dalam bidang budidaya dan kami (pengusaha) dalam bidang prosesnya. Apalagi produk tepung ini kan berkembang terus, akan ada produk baru yang berkembang. Yang pasti inisiasinya dari Kementan,” katanya.


Konsumsi gandum per kapita penduduk Indonesia tahun 2019 berdasarkan data Badan Pusat Statistik sebanyak 30,5 kg per tahun. Kebutuhan gandum terbesar adalah untuk industri produk pangan olahan, seperti mie instan, kue, dan roti.

Berita Lainnya:
Kemendag Ungkap Durian Indonesia Diminati oleh China


Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri, mengatakan, perubahan iklim serta perang Ukraina-Rusi mengancam krisis pangan global. Ia mengungkapkan, pemerintah memiliki kewajiban untuk mengingatkan masyarakat dan juga pelaku industri pangan terhadap potensi krisis pangan tersebut.


Ia menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah mensubtitusi kebutuhan bahan pangan impor dengan bahan baku lokal.


Untuk kebutuhan industri pangan olahan berbasis tepung terigu, Pemerintah mulai menggalakkan penanaman sorgum, singkong dan sagu yang dapat mensubstitusi gandum.


“Kementan juga memperkuat dan menyediakan pangan lokal alternatif, dari  umbi-umbian, pisang dan aneka produk tanaman lokal lain,” katanya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi