Jumat, 21/06/2024 - 04:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Tari Melinting akan Tampil di Istana Negara

Tari Melinting sebagai tari tradisional Lampung akan tampil di Istana Negara

ADVERTISMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh

BANDAR LAMPUNG — Pemerintah Provinsi Lampung mengatakan, Tari Melinting sebagai tari tradisional daerah itu akan tampil di Istana Negara pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

ADVERTISMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

“Untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Tari Melinting akan diberikan ruang untuk tampil di Istana Negara menjelang upacara pada pagi hari dan penurunan bendera di sore hari, jadi nanti musik akan terus bermain sembari penari menyambut tamu,” ujar Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung, Qodratul Ikhwan, di Bandarlampung, Sabtu (13/8/2022).

ADVERTISMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji kepada para Calon Haji Provinsi Aceh dari Bank Aceh Indonesia

Ia mengatakan, terpilihnya Tari Melinting untuk tampil di Istana Negara pada upacara HUT Ke-77 RI di halaman Istana Merdeka pada Rabu, 17 Agustus 2022, merupakan permintaan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

ADVERTISMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Hingga Mei 2024 Kominfo Sudah Hapus 1,9 Juta Konten Judi Online

“Ini permintaan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk memfasilitasi keberangkatan para penari Tari Melinting menuju Istana Negara,” katanya.

ADVERTISMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Dia mengatakan, nantinya akan dikirim sebanyak delapan orang penari Tari Melinting beserta pemain musik gamolan Lampung sebagai musik pengiring tari tradisional khas Lampung Timur itu.

ADVERTISMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Penghargaan Digital Goverment Award (DGA) Summit 2024

“Tari ini memang tari khas Kerajaan Melinting yang ada di Lampung Timur, biasa di bawakan oleh empat penari pria dan empat penari wanita yang menggunakan pakaian adat. Beberapa puluh tahun lalu memang tarian ini pernah tampil di Istana Negara juga,” tambahnya.

ADVERTISMENTS
Ucapan Selamat atas Pelantikan Jabatan di Pemerintah Aceh. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
Berita Lainnya:
Pakar Soroti Kinerja Bawaslu dalam Pengaduan Kecurangan Pemilu

Ia menjelaskan para penari Tari Melinting yang akan tampil menyambut para tamu pada HUT ke-77 RI di Istana Negara itu merupakan putra asli daerah yang berasal dari Desa Nibung Lampung Timur.

ADVERTISMENTS
Bayar Jalan Tol dengan menggunakan Pengcard

“Semua asli pemuda pemudi dari Desa Nibung Lampung Timur, sebab disana tarian ini masih terjaga kelestariannya,” ucapnya.

Menurut dia, dengan terpilihnya Tari Melinting ikut serta memperbaiki citra daerah, menjadi daerah yang kaya akan budaya tradisional sejak masa kerajaan.

“Kami apresiasi tampilnya Tari Melinting pada HUT ke-77 RI, sebab ini bisa memperbaiki citra daerah juga, menjadi daerah yang punya nilai sejarah dan kaya budaya tradisional,” kata dia.

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

إِنَّا مَكَّنَّا لَهُ فِي الْأَرْضِ وَآتَيْنَاهُ مِن كُلِّ شَيْءٍ سَبَبًا الكهف [84] Listen
Indeed We established him upon the earth, and We gave him to everything a way. Al-Kahf ( The Cave ) [84] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi