Selasa, 21/05/2024 - 17:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Iran Tanda Tangani Keanggotaan SCO, Mendekat ke China dan Rusia

Iran berusaha mengatasi isolasi ekonomi di tengah sanksi Amerika.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 TEHERAN — Iran telah menandatangani Memorandum of Obligation untuk menjadi anggota tetap Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO). Hal ini diungkapkan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian melalui Instagram terverifikasinya, Kamis (15/9/2022) ketika Teheran berusaha mengatasi isolasi ekonomi di tengah sanksi Amerika.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan


“Dengan menandatangani dokumen keanggotaan penuh SCO, kini Iran telah memasuki babak baru berbagai kerja sama ekonomi, komersial, transit, dan energi,” tulis Hossein Amirabdollahian.


Tahun lalu, SCO organisasi bangsa Asia tengah menyetujui permohonan aksesi Iran. Sementara penguasa garis keras Teheran meminta anggotanya untuk membantunya membentuk mekanisme untuk mencegah sanksi yang dijatuhkan oleh Barat atas sengketa program nuklirnya.

Berita Lainnya:
Hamas Berkomitmen Capai Kesepakatan Gencatan Senjata dengan Israel


SCO didirikan oleh China dan Rusia dan dianggotai oleh China, Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan dan Uzbekistan. Pekan ini, KTT SCO tahun ini diselenggarakan di Uzbekistan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Presiden Iran Ebrahim Raisi akan menghadiri  pertemuan puncak organisasi antarbangsa di kawasan Asia Tengah di Jalur Sutra Samarkand, Uzbekistan. Dia juga diperkirakan akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


SCO, yang dibentuk pada 2001 sebagai tempat berbicara untuk Rusia, China dan negara-negara bekas Soviet di Asia Tengah, diperluas empat tahun lalu untuk mencakup India dan Pakistan. SCO bertujuan untuk menjadi penyeimbang kekuatan organisasi NATO dan Amerika Serikat di wilayah tersebut.

Berita Lainnya:
Insiden Tepi Barat, AS Kemungkinan Jatuhkan Sanksi pada Lebih Banyak Pasukan Israel


Wakil sekretaris jenderal SCO Grigory Logvinov mengatakan, Iran dapat mengambil bagian dalam pertemuan meskipun kemungkinan akan memakan waktu untuk mencapai keanggotaan penuh. Ekonomi Iran terpukul keras sejak 2018 ketika AS presiden AS saat itu Donald Trump meninggalkan kesepakatan nuklir Teheran dengan kekuatan dunia, termasuk Rusia dan China.

ADVERTISEMENTS


Pembicaraan tidak langsung selama berbulan-bulan antara Iran dan pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah menemui jalan buntu atas beberapa hambatan untuk menghidupkan kembali pakta nuklir. Teheran setuju untuk mengekang program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi.

ADVERTISEMENTS


sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi