Jumat, 26/04/2024 - 09:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kabareskrim: Tempatkan Polisi Bermoral Tinggi di Gakkumdu Pemilu 2024 

ADVERTISEMENTS

Polisi bermoral tinggi diperlukan di Gakkumdu pemilu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komisaris Jenderal Agus Andrianto meminta para kepala kepolisian daerah (Kapolda) menempatkan polisi dengan integritas moral tinggi di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pemilu 2024. Sebab, Sentra Gakkumdu berperan penting menindak pelanggaran Pemilu yang dapat memicu polarisasi sosial. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“Tempatkan anggota reserse kriminal (reskrim) yang cakap dan memiliki integritas moral tinggi, serta pilih yang terbaik untuk ditempatkan di Sentra Gakkumdu,” ujar Agus saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional Sentra Gakkumdu di Jakarta, Senin (19/9/2022) malam. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
China Beri Pernyataan Soal Hasil Pemilu Korea Selatan


Sebagai informasi, Sentra Gakkumdu terdiri dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kejaksaan, dan Polri. Fungsinya untuk memproses kasus-kasus tindak pidana pemilu. 

ADVERTISEMENTS


Agus juga meminta para kapolda untuk tidak memutasi polisi yang ditempatkan di Sentra Gakkumdu. Dengan begitu, polisi yang ditempatkan bisa berkomunikasi dan berkoordinasi menangani kasus-kasus pelanggaran pemilu secara berkelanjutan. “Kemudian jangan memberikan tugas lain kepada anggota yang ditempatkan di Sentra Gakkumdu,” ujar jenderal bintang tiga itu. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Menurutnya, sistem reward juga layak diberikan bagi polisi yang bertugas di Sentra Gakkumdu. “Ajukan penghargaan secara berjenjang atas kinerja penyidik, penyidik pembantu, yang berprestasi, agar bisa mengikuti pendidikan, pembentukan, atau pengembangan yang lebih tinggi serta promosi jabatan sesuai peraturan yang berlaku,” kata Agus. 

Berita Lainnya:
Ketua DPRD Minta Warga Bogor Aktif Laporkan Kondisi Rawan Bencana


Dia menambahkan, Sentra Gakkumdu harus menjadi wadah di mana setiap unsur yang terlibat di dalamnya memiliki pemahaman dan pola penanganan tindak pidana pemilu yang sama. “Keadilan merupakan roh penyelenggaraan pemilu. Penanganan pelanggaran dan tindak pidana pemilu adalah mahkotanya,” ucapnya.


 


 


Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi