IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

13 Sunnah Nabi Muhammad yang Jarang Diketahui, Pernahkah Kamu Lakukan?

13 Sunnah Nabi Muhammad yang Jarang Diketahui, Pernahkah Kamu Lakukan?
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Sekarang ini banyak anjuran atau sunnah Nabi Muhammad yang jarang dipraktikkan.

BANDA ACEH – Islam merupakan pedoman hidup yang diyakini umat Muslim. Setiap geraknya, seorang Muslim diperintahkan untuk mematuhi apa yang dijelaskan dalam Alquran dan apa yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Tapi sekarang ini banyak anjuran atau sunnah Nabi yang jarang dipraktikkan lagi atau bahkan tidak diketahui oleh Muslim sendiri.

Berikut adalah beberapa sunnah Nabi yang menurut Khawlah binti Yahya, seorang aktivis muslimah di Inggris, sudah yang banyak dari kita telah lupa atau mungkin tidak mengetahuinya.

13 Sunnah Nabi Muhammad yang Jarang Diketahui

Membersihkan tempat tidur

Dilansir dari About Islam, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: “Jika salah seorang di antara kalian pergi tidur, hendaklah dia membersihkan tempat tidurnya dengan memukulnya dengan pakaiannya, karena dia tidak tahu apa yang telah menimpanya. Kemudian biarkan dia berbaring di sisi kanannya …” (HR. Bukhari dan Muslim)

Seorang Muslim dianjurkan membersihkan tempat tidurnya. Hal ini untuk selain untuk kesehatan tapi juga untuk melindungi diri dari serangga atau hal yang membahayakan diri.

Berdoa ketika di pasar

Nabi bersabda yang artinya: Barang siapa memasuki suatu pasar dan berkata: ‘Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu, biyadihiil khaiir wa huwa ala kulli shayy’in qodiir’

Artinya: (Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Allah semata, Dia tidak ada sekutu bagi-Nya, Dia berkuasa dan bagi-Nya segala puji, Dia menghidupkan dan mematikan, Dialah yang hidup dan tidak mati, dalam tangan adalah kebaikan dan dia mampu melakukan segala sesuatu) Allah akan menulis untuknya seribu ribu pahala dan menghapus darinya seribu ribu dosa dan mengangkatnya seribu ribu dan membangunkan untuknya sebuah rumah di Jannah! (HR. An-Nasa’i, At-Tirmidzi)

Muslim dapat menemukan doa ini di buku doa saku terkenal Hisn-ul Muslim, bawalah ini, atau tuliskan di atas kertas dan keluarkan setiap kali Anda pergi ke suatu tempat di mana ada orang dan berdagang (ya, bahkan supermarket karena semuanya berada di bawah aturan pasar) dan perhatikan seberapa cepat Anda akan menghafalnya insya Allah!

BACA JUGA:
Israel Kecam Film di Netflix Kisahkan Pembantaian Keluarga Palestina pada 1948

Minum air putih setelah minum susu

Dianjurkan oleh Nabi, setelah minum susu maka minum air. Setelah mendapatkan air, dia berkumur lalu berkata:

“Ini memiliki lemak.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Imam An-Nawawi berkata dalam Sharh Shahih Muslim: Hadits ini menegaskan dianjurkan untuk berkumur setelah minum susu.

Mengucap Bismillah saat melepas pakaian

Saat menanggalkan pakaian, Nabi mencontohkan untuk mengucapkan Bismillah atau menyebut nama Allah sebelum masuk toilet. Ini akan mencegah jin melihat aurat Anda atau menyakitimu. Nabi berkata yang artinya:

“Untuk memasang penghalang yang menghalangi jin melihat aurat anak Adam, maka hendaklah salah seorang dari kalian mengucapkan Bismillah ketika memasuki toilet.” (HR. At-Tirmidzi)

Merasa diganggu saat sholat, baca doa ini

Utsman bin Abi’l-‘Aas pernah datang kepada Nabi dan berkata: Wahai Rasulullah, setan mengganggu antara aku dan shalatku dan bacaanku, dan dia membuatku bingung. Rasulullah bersabda yang artinya: “Itu adalah setan yang disebut Khinzab. Jika kamu merasakan hal itu, maka berlindunglah kepada Allah darinya (misalnya ‘Audhu Billahi min-as-shaytaanir rajeem) dan ludahlah ke kiri tiga kali. Dia berkata: Saya melakukan itu dan Allah mengambilnya dari saya.” (HR. Muslim)

Istinsyaq usai bangun dari tidur

Nabi berkata yang artinya: “Ketika salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya, ia harus meniup hidungnya tiga kali, karena setan bermalam di dalam lubang hidungnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Istirahat dalam sholat

Sahabat Nabi, Anas berkata: Saya berdoa seperti saya melihat Rasulullah memimpin kami. Thabit berkata: Anas biasa melakukan sesuatu yang saya tidak melihat Anda lakukan; ketika dia mengangkat kepalanya dari ruku’, dia berdiri (begitu lama) sehingga orang akan berkata: Dia lupa (sujud dalam sujud/sujud). Dan ketika dia mengangkat kepalanya dari sujud (sujud), dia tetap dalam posisi itu, sampai seseorang berkata: Dia lupa (sujud dalam sujud untuk sujud kedua).’ (HR. Bukhari dan Muslim).

Imam Ibnul Qayyim berkata: Sunnah ini ditinggalkan oleh banyak orang setelah masa para sahabat berakhir. Ketika Anda berhenti di antara dua sujud, Anda dapat mengatakan: Rabbi-ghfirli Rabbi-ghfirli (Ya Tuhan, ampuni aku, Tuhan, ampuni aku), seperti yang biasa didoakan oleh Nabi.

BACA JUGA:
Israel Kecam Film di Netflix Kisahkan Pembantaian Keluarga Palestina pada 1948

Menggunakan sutrah saat sholat sendiri

Nabi berkata yang artinya: “Jika ada di antara kalian yang meletakkan sesuatu di depannya, (paling tidak) sama tingginya dengan punggung sadel, maka hendaknya dia shalat tanpa mempedulikan siapa yang lewat [di depannya] di sisi yang lain (berlawanan).” (HR. Muslim)

Sutrah dapat berupa apa saja yang diletakkan seseorang di depan dirinya saat dia berdoa, seperti tembok atau tongkat panjang, dan semacamnya.

Bagian belakang sadel tingginya kira-kira dua pertiga hasta (jadi sutrah harus setidaknya sama panjangnya). Bahkan bisa berupa tas tangan atau benda lain dengan panjang ini.

Mengenakan alas kaki dari bagian kanan dan melepas dari kiri

Nabi berkata yang artinya: “Jika salah seorang dari kalian memakai sepatu, hendaklah ia memulai dengan yang benar. Dan ketika dia melepasnya, biarkan dia mulai dengan kiri. Dan biarkan dia memakai keduanya atau biarkan dia melepas keduanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Banyak yang mungkin tahu untuk memulai dengan kanan, tetapi banyak yang tidak tahu untuk melepasnya dari kiri.

Tidak mencela makanan

Diriwayatkan atas otoritas Abu Hurairah bahwa ia mengatakan Rasulullah tidak pernah mencela makanan. Jika dia menyukainya, dia memakannya dan jika dia tidak menyukainya, dia meninggalkannya. (HR. Muttafaqalaih)

Adab bertamu

Nabi berkata yang berarti: Para ulama telah menasihati kita bahwa ketika bertamu untuk mengetuk pintu sebanyak tiga kali. Namun, jika tidak mendapat jawaban disarankan untuk berbalik.

“Meminta izin adalah tiga kali. Jika Anda diberi izin maka Anda bisa, jika tidak kembali.” (HR. Muslim)

Menguap besar?

Nabi berkata yang artinya: “Menguap itu dari setan. Maka bila seorang dari kalian menguap hendaklah sedapat mungkin ditahannya karena bila seseorang dari kalian menguap dengan mengeluarkan suara haa, setan akan tertawa.” (HR. Imam Bukhari).

Jangan minum seperti unta!

Nabi berkata yang artinya: “Jangan minum dalam sekali tarikan nafas seperti yang dilakukan unta. Sebaliknya, minum dua kali dan tiga kali, dan menyebut Nama (Allah) sebelum minum dan bersyukur (Dia) setelah selesai.” (HR. At-Tirmidzi)

Dianjurkan juga untuk duduk saat minum, istirahat saat minum daripada menelannya dan mengucapkan Alhamdulillah setelahnya.

infografis nabi yang diutus ke jazirah arab. INFOGRAFIS/Republika
infografis nabi yang diutus ke jazirah arab. INFOGRAFIS/Republika

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
13 Sunnah Nabi Muhammad yang Jarang Diketahui, Pernahkah Kamu Lakukan?
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!