Kamis, 25/04/2024 - 01:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pentingnya Dukungan Ayah Sukseskan Pemberian ASI Ekslusif Kepada Anak

ADVERTISEMENTS

BKKBN terus mengedukasi pentingnya peran ayah dalam 1.000 hari pertama anak.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif kepada bayi selama enam bulan berturut-turut menjadi salah satu cara mencegah agar bayi tidak tumbuh stunting. Dalam hal ini, peran ayah tentu sangat dibutuhkan oleh seorang ibu dalam pemberian ASI eksklusif.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“Sebagai sosok yang dekat dengan ibu, banyak hal yang dapat ayah lakukan untuk mendukung ibu selama menyusui. Bentuk dukungan yang bisa dilakukan, diantaranya membantu mengurus bayi selama ibu menyusui dan mengatasi berbagai permasalahan selama proses menyusui,” kata Direktur Bina Keluarga Balita dan Anak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Irma Ardiana dalam keterangan, Jumat (28/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Bukan Cuma Nenek yang Harus Tahu: Bayi Jangan Dikasih Campuran Air, Gula Merah, dan Madu


Irma menjelaskan, BKKBN akan terus memberikan promosi, komunikasi, infomasi serta edukasi peran dan dukungan ayah dalam menyukseskan ASI eksklusif pada masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan sebagai upaya percepatan penurunan stunting kepada keluarga dan juga masyarakat. Adapun kelompok sasarannya adalah remaja atau calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan juga keluarga yang memiliki anak usia 0-59 bulan.

ADVERTISEMENTS


Irma melanjutkan, peran seorang ayah sangat penting sekali dalam memberikan dukungan serta dalam mendukung pemberian ASI. Seorang ayah juga dapat menciptakan komunikasi yang baik dengan keluarga, terutama interaksi kepada anak-anaknya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Oleh karena itu Irma meminta kepada kader-kader di kelompok bina keluarga balita atau para penyuluh KB untuk terus mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat. “Untuk meningkatkan pengetahuan dan juga keterampilan orangtua dan anggota keluarga lainnya dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak yang kita lakukan seperti hari ini melalui kegiatan promosi dan juga komunikasi, informasi, edukasi yang disampaikan oleh kader di kelompok-kelompok bina keluarga balita dan atau para penyuluh Keluarga Berencana ini sangat penting,“ ucapnya.

Berita Lainnya:
Kemendikbudristek Targetkan 12 PTN Vokasi Ikuti API Sarpras PTV  


Senada dengan Irma, Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayanti mengatakan peran ayah sangatlah penting dan sangat strategis sekali. Dia pun meminta agar menguatkan kembali peran ayah untuk mensukseskan ataupun melancarkan program ASI eksklusif untuk anak-anak.


“Peran ayah sangat dibutuhkan dan sangat penting sekali didalam pendampingan ibu memberikan ASI eksklusif kepada anak-anaknya,” kata Kurniasih.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi