Jumat, 26/04/2024 - 10:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

2 Pesawat Tempur Bertabrakan Saat Pertunjukan Udara di Dallas Amerika Serikat

ADVERTISEMENTS

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tabrak pesawat tempur di Dallas Amerika Serikat

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA— Dua pesawat era Perang Dunia II bertabrakan di udara pada pertunjukan udara di Dallas, Amerika Serikat pada Sabtu (12/11/2022). Pertunjukan itu dilaksanakan sebagai acara peringatan Hari Veteran.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“Pesawat Boeing B-17 Flying Fortress dan Bell P-63 Kingcobra jatuh sekira pukul 1.20 siang waktu setempat,” kata Federal Aviation Administration Amerika Serikat (FAA) dikutip dari The New York Times pada Ahad (13/11/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Kecelakaan dua pesawat militer ini terjadi saat pertunjukan udara Wings Over Dallas di Bandara Eksekutif Dallas yang berjarak sekitar 10 mil selatan pusat kota Dallas.

ADVERTISEMENTS


Video yang beredar secara online menunjukkan pesawat dengan cepat menabrak pesawat yang lebih besar. Para penonton pun ketakutan karena menyaksikan hal tersebut.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Sementara itu, Wakil Presiden Pemasaran Commemorative Air Force, Leah Block mengatakan tidak dapat memastikan berapa banyak orang yang korban yang terlibat dalam kecelakaan.


“Tetapi pesawat Kingcobra hanya memiliki satu tempat duduk. Sedangkan Flying Fortress mungkin diisi empat atau lima orang di dalamnya,” kata dia.

Berita Lainnya:
Warga Israel Kedapatan Bawa Enam Senjata Api di Kuala Lumpur, Diduga Punya Misi Membunuh


Lalu, Presiden Commemorative Air Force, Hank Coates, mengatakan pilot kelompok itu adalah sukarelawan terlatih dan berlisensi, biasanya mantan pilot maskapai atau militer. “Tabrakan di udara pada pertunjukan udara seperti ini sangat jarang,” kata dia.


Anggota Asosiasi Sejarah Angkatan Udara Angkatan Darat, Paul Martin, mengatakan Flying Fortress adalah pesawat pengebom yang lamban dan cukup besar untuk menampung 10 atau 11 orang.


“Sedangkan Kingcobra adalah pesawat tempur dengan pilot tunggal. Memiliki kedua pesawat dalam kondisi terbang adalah kejadian langka,” kata dia.


Baca juga: Mualaf David Iwanto, Masuk Islam Berkat Ceramah-Ceramah Zakir Naik tentang Agama 


Dia mengaku hanya mengetahui sekitar sembilan B-17 dalam kondisi terbang dan hanya satu P-63 Kingcobra, sebelum kecelakaan tersebut terjadi.


“Sangat memilukan bagi saya untuk mendengar ini, baik pada tingkat manusia dan tingkat sejarah,” kata dia.


Wali Kota Dallas, Eric Johnson mengatakan pada tidak ada laporan cedera pada penonton atau mereka yang berada di lapangan.

Berita Lainnya:
Kuburan Massal Berisi 283 Jasad Ditemukan di Gaza, PBB Serukan Peyelidikan Kredibel


“Video-video itu memilukan. Tolong, ucapkan doa untuk jiwa yang terbang ke langit untuk menghibur dan mendidik keluarga kita hari ini,” kata dia.


Seorang pengacara di Dallas, Christopher Kratovil yang hadir pada acara itu menceritakan kronologi dua pesawat yang bertabrakan.


“Ada beberapa pesawat terbang pada saat yang sama, mungkin sekitar delapan, campuran pembom seperti Flying Fortress dan pesawat tempur seperti Kingcobra. Flying Fortress tampaknya melakukan terbang di dekat kerumunan, langkah umum agar para pengunjung dapat melihat secara dekat,” kata dia.


Dia pun melihat ledakan dan selang sesaat sebuah sayap lepas dari B-17 dan badan pesawat jatuh ke tanah, diikuti oleh bola api dan suara keras.


“Tiba-tiba saya tersadar, ini nyata. Anda sedang menonton kecelakaan B-17. Itu hanya hal yang mengerikan untuk dilihat dan hal yang mengerikan untuk disaksikan bersama salah satu anak saya,” kata dia.


Diketahui, FAA dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional akan menyelidiki kecelakaan tersebut.


 


 


 


Sumber: nytimes  

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi