Jumat, 26/04/2024 - 18:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

IN-DEPTH

Muktamar Muhammadiyah, Tantangan Usaha Memperkuat Persatuan Umat

ADVERTISEMENTS

Tantangan Muhammadiyah ketika eksistensi umat Islam belum cukup tangguh.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Penulis:Buya dr Anwar Abbas, Ketua PP Muhammadiyah

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Salah satu isu strategis yang akan dibicarakan dalam muktamar Muhammadiyah yang akan datang adalah bagaimana memperkuat persatuan umat. Memang umat islam di negeri ini  secara statistik merupakan kelompok mayoritas tetapi umat islam belum bisa tampil sebagai kekuatan mayoritas yang menentukan. Ini karena masih diselimuti oleh mental minoritas dan pecundang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Meskipun  sudah ada ormas-ormas islam yang merupakan kekuatan dan wujud partisipasi umat dalam kehidupan kebangsaan yang terbentuk sebagai usaha pembinaan iman, kesalehan spiritual dan akhlak mulia, namun ternyata eksistensi dari ormas-ormas islam tersebut masih belum cukup tangguh  untuk menjadikan umat islam sebagai kekuatan penentu di negeri ini.  

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Pesan Panglima TNI dalam Halal Bi Halal PP Muhammadiyah


Hal itu mungkin disebabkan karena masih kuat dan kentalnya sentimen primordial dan masih lemahnya nilai-nilai persatuan, persaudaraan dan tolong menolong diantara mereka. Untuk itu bagi terbangunnya rasa persatuan dan kesatuan yang kuat  di kalangan umat maka Muhammadiyah melihat perlunya kita mengusahakan terciptanya wawasan keislaman, kebangsaan, politik, dan hukum yang semakin luas. Sehingga dengan demikian, diharapkan umat islam akan semakin lebih terbuka  dan toleran serta akomodatif terhadap perbedaan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Menyadari hal itu, Persyarikatan Muhammadiyah melihat perlunya  dilakukan  usaha-usaha serius  melalui literasi dan edukasi intensif di lembaga-lembaga pendidikan Islam apakah itu di madrasah, majelis taklim dan pesantren serta pendidikan agama islam di sekolah dan lembaga pendidikan formal yang ada, agar apa yang kita cita-citakan bisa terwujud. Maka nantinya peran dan kontribusi umat Islam kedepan akan tampak semakin nyata bagi terciptanya Indonesia yang maju dan berkeadilan di mana rakyatnya hidup dengan aman, tentram,  damai sejahtera dan bahagia serta menjunjung tinggi akhlak,  moral dan  budi pekerti yang luhur serta   mulia.

Berita Lainnya:
Bolehkah Wanita Bepergian Jauh Sendirian? Ini Penjelasan Imam Abu Zakaria Yahya


 


 


 


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi