Selasa, 07/05/2024 - 17:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Pendukung Mantan Presiden Peru Kembali Turun Ke Jalan

ADVERTISEMENTS

Demonstran memblokir sejumlah jalan tol setelah protes terhenti selama dua pekan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

LIMA — Pengunjuk rasa yang menolak pemakzulan mantan Presiden Peru Pedro Castillo kembali turun ke jalan pada Rabu (4/2/2023). Demonstran memblokir sejumlah jalan tol setelah protes terhenti selama dua pekan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Unjuk rasa ini menewaskan dua lusin orang pada bulan Desember lalu. Perdana Menteri Peru Alberto Otarola mengatakan secara keseluruhan situasinya “normal” meski sejumlah pemblokiran di wilayah Cusco dan Peno berdampak pada pergerakan wisatawan dan pedagang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Otarola mengatakan masyarakat memiliki “hak” untuk protes tapi ia meminta demonstrasi berjalan damai. Perwakilan kelompok sipil dan serikat buruh dari 10 wilayah yang berhaluan kiri di selatan Peru mengumumkan kembali menggelar unjuk rasa.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Badan Atom Internasional Tinjau Kembali Pembuangan Air PLTN Fukushima

Mereka menuntut Presiden Peru saat ini Dina Boluarte mengundurkan diri, Kongres ditutup, konstitusi diubah dan Castillo dibebaskan. Sejak bulan lalu Peru dilanda gelombang unjuk rasa setelah Castillo dimakzulkan dan ditangkap.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Unjuk rasa tersebut menewaskan 22 dua orang dalam bentrokan antara demonstran dan tentara. Enam orang lainnya tewas dalam insiden yang berkaitan dengan pemblokiran.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pihak berwenang mengatakan sekitar 2.062 wisatawan dievakuasi dari destinasi wisata  Machu Picchu. Layanan kereta juga dihentikan sementara untuk mengantisipasi unjuk rasa.

Castillo yang berkuasa selama hampir 17 bulan mencoba membubarkan Kongres dan mengatur ulang badan yudisial. Wakil Presiden saat itu Boluarte naik jabatan dan berjanji memajukan jadwal pemilihan umum.

Berita Lainnya:
PBB Umumkan Seruan Global Bantuan untuk Gaza

Tayangan televisi menunjukkan polisi dan tentara menjaga kantor-kantor institusi pemerintah di beberapa daerah. Di mana pengunjuk rasa diumumkan akan digelar termasuk di wilayah Ayacucho, daerah yang paling banyak korban tewas dalam demonstrasi sebelumnya.

Pada Selasa (3/1/2023) lalu ribuan untuk berpawai di Lima dan daerah lain menuntut “kedamaian dan ketenangan.” Castillo dalam tahanan pra-sidang menunggu proses penyelidikan atas dakwaan “pemberontakan”. Mantan presiden itu membantah dakwaan tersebut.

Boluarte mendirikan pusat “Pengendalian dan Pemantauan Krisis” bersama menteri pertahanan dan dalam negeri. “Saya meminta perdamaian, ketenangan dan persatuan untuk mendorong pembangunan di tanah air,” kata Boluarte di pidatonya.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi