Kamis, 25/04/2024 - 04:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kader dan Simpatisan PKB Harus Pasang Gambar Pancasila di Rumahnya

ADVERTISEMENTS

Pemasangan gambar Pancasila adalah sikap bela negara

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menginstruksikan seluruh kader dan simpatisan PKB  memasang gambar Pancasila di kediamannya masing-masing. Instruksi tersebut merupakan salah satu keputusan Itjma Ulama Nusantara. Kader, simpatisan, dan warga Nahdliyyin berkewajiban mensosialisasikan instruksi tersebut kepada masyarakat secara luas.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Saya intruksikan kader, simpatisan,  umumnya warga Nahdliyyin memasang gambar Pancasila di rumahnya masing-masing,” kata Muhaimin di lokasi Ijtima Ulama Nusantara, Hotel Millenium, Jakarta, Sabtu (14/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kandidat Caketum Partai Negoro, Ini Gebrakan Faizal Assegaf

Menurut Muhaimin, pemasangan gambar Pancasila adalah sikap bela negara. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembela negara. Sikap bela negara tidak seketika muncul pada saat lahir, maka dari itu perlu ditumbuhkan sejak dini serta senantiasa dipelihara dan dikembangkan secara berkesinambungan melalui pembinaan kesadaran bela negara.

ADVERTISEMENTS

“Bela negara tidak hanya dilakukan oleh para abdi negara, namun oleh semua warga negara. Memasang gambar Pancasila salah satunya,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut Muhaimin, sikap bela negara, bela negara merupakan hak dan kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia. Hal ini dinyatakan dalam UUD 1945, pasal 27 ayat 3 tentang warga negara dan penduduk bahwa:  Bela negara yang dilakukan oleh abdi negara termasuk bela negara militer, sedangkan warga negara biasa melaksanakan bela negara non-militer. 

Berita Lainnya:
Universitas ini Ingin Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi di Davao

“Dalam permasalahan bela negara terdapat banyak masalah masalah yang terjadi seperti pelecehan terhadap dasar Pancasila. Pancasila lambang negara, kita membangun kesadaran sejak dini,” ucapnya. 

Muhaimin selanjutnya menegaskan kader PKB memiliki peran besar dalam menumbuhkan semangat Pancasila. “Jangan sampai ada kader PKB yang melecehkan lambang negara Pancasila. Kader PKB pun harus memahami dan menjalankan nilai-nilai Pancasila,” tutupnya.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi