Jumat, 14/06/2024 - 20:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Makanan Pro Inflamasi Terburuk yang Bisa Sebabkan Pembekuan Darah

Beberapa jurnal medis menyatakan, peradangan bisa memicu pembekuan darah.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Trombosis vena terjadi pada sekitar satu dari setiap 1.000 populasi Inggris setiap tahun. Trombosis vena merupakan penggumpalan darah di satu atau lebih pembuluh darah vena.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Lebih dari separuh kasus pembekuan darah terjadi dalam waktu 90 hari setelah keluar dari rumah sakit, tetapi beberapa kasus terkait dengan gaya hidup tak sehat. Makanan juga bertanggung jawab atas penyakit vena yang dapat secara signifikan meningkatkan kemungkinan terjadinya trombosis vena.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Menurut seorang ahli, dua makanan yakni soda dan permen bisa lebih buruk dampaknya dibandingkan makanan lain. Menurut North American Thrombosis Forum, ada banyak teori yang berbeda tentang hubungan antara peradangan atau inflamasi, makanan, dan peristiwa trombotik. Beberapa jurnal medis seperti British Journal of Haematology menyatakan, peradangan bisa memicu pembekuan darah.

Lebih khusus lagi, inflamasi sitokin mungkin merupakan mediator utama dalam pembekuan darah yang menurunkan aktivitas mekanisme antikoagulan alami. Di pertemuan North American Thrombosis Forum, dekan Tufts Friedman School of Nutrition Science and Policy, dr Ariush Mozaffarian, mengatakan nutrisi yang buruk secara keseluruhan menyebabkan disfungsi metabolisme, khususnya resistensi insulin, dan pada akhirnya, obesitas.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Tips Buat Orang Tua: Begini Cara ‘Ubah’ Screen Time Anak Jadi Kebiasaan Membaca

Menurut dia, itu adalah jalur utama untuk peradangan aktif. “Demikian pula pola makan yang baik bisa meningkatkan risiko metabolik dan menyebabkan penurunan berat badan, yang secara dramatis meningkatkan peradangan,” kata dr Mozaffarian seperti dilansir Express, Kamis (19/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Menurut dr Mozaffarian, makanan utama yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung pati, gula, dan garam. Soda dan permen dinilai termasuk pada kelompok makanan yang paling berdampak pada peradangan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“Tidak ada alasan untuk mengonsumsi soda. Jika Anda ingin makan yang manis, makanlah sedikit dark chocolate dengan es, kacang-kacangan yang dilumuri madu, buah-buahan atau makanan apapun yang memiliki nilai gizi,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Minuman bersoda mengandung kadar gula yang tinggi yang menyebabkan kelainan pada proses pembekuan darah. Kadar glukosa yang tinggi tidak hanya mengakibatkan pembentukan gumpalan darah, tetapi juga menghambat kemampuan gumpalan darah untuk larut.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
7 Model Kemeja Pria Lengan Pendek Terbaru
ADVERTISEMENTS

Di sisi lain, makanan yang manis seperti permen merupakan salah satu makanan yang paling berkontribusi terhadap penumpukan plak berlebih dalam pembuluh darah. Ketika formasi plak menjadi rapuh atau meradang, plak tersebut dapat pecah dan memicu pembekuan darah.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Lantas bagaimana cara menghindari pembekuan darah? Beberapa makanan terbaik untuk mengatasi peradangan ada dalam diet Mediterania yang meniru pola makan alami orang-orang yang tinggal di sepanjang Laut Mediterania.

Diet ini menekankan pada makanan nabati yang kaya serat dan sebagian besar terdiri dari sayuran, buah, gandum utuh, polong-polongan, dan kacang-kacangan. Lemak dalam makanan juga berasal dari sumber yang sehat seperti minyak zaitun dan minyak canola, yang tidak berkontribusi terhadap penyumbatan arteri. Dalam diet Mediterania, daging merah dikonsumsi tidak lebih dari beberapa kali per bulan, dan ikan serta unggas dimakan setidaknya dua kali sepekan.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَلَمَّا جَاءَهُمْ رَسُولٌ مِّنْ عِندِ اللَّهِ مُصَدِّقٌ لِّمَا مَعَهُمْ نَبَذَ فَرِيقٌ مِّنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ كِتَابَ اللَّهِ وَرَاءَ ظُهُورِهِمْ كَأَنَّهُمْ لَا يَعْلَمُونَ البقرة [101] Listen
And when a messenger from Allah came to them confirming that which was with them, a party of those who had been given the Scripture threw the Scripture of Allah behind their backs as if they did not know [what it contained]. Al-Baqarah ( The Cow ) [101] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi