Sultan Johor: Larangan Muslim Ikut Ritual Agama Lain tidak Bertentangan dengan Toleransi

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
ADVERTISEMENTS

Masyarakat diminta peka terhadap kewajiban agama masing-masing agar rukun.

ADVETISEMENTS

 JOHOR BAHRU — Sebuah fatwa tentang larangan umat Muslim menghadiri dan berpartisipasi dalam ritual keagamaan pemeluk agama lain di negara bagian Johor, Malaysia menjadi pembicaraan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Sultan Johor, Sultan Ibrahim Sultan Iskandar mengatakan fatwa ini sama sekali tidak bertentangan dengan nilai-nilai toleransi, persatuan, maupun pemahaman antaragama sebagaimana dianut konsep ‘Bangsa Johor’.

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS

Dalam unggahan Facebook pribadinya, Yang Mulia menegaskan kembali konsep Bangsa Johor. Ia mengatakan keragaman ras dan agama di Johor akan selalu diakui dan dihormati.

ADVERTISEMENTS

“Fatwa itu hanya melarang umat Islam mengikuti ritual agama lain. Ini adalah pedoman bagi mereka. Mereka masih bisa menghadiri acara kemeriahan penganut agama lain,” kata dia dikutip di Bernama, Sabtu (4/2/2023).

ADVERTISEMENTS

Di sisi lain, ia menyebut agama atau kepercayaan lain juga harus menghormati kepekaan umat Islam, yang mana berjalan dua arah. Masyarakat diminta peka terhadap kewajiban agama masing-masing agar rukun.

Yang Mulia juga mencatat, karena semua agama menekankan nilai-nilai yang baik seperti kasih sayang, rasa hormat, toleransi, moderasi dan kebaikan, orang Malaysia harus fokus pada nilai-nilai umum ini daripada perbedaan ras atau agama.

“Saya berharap dengan penjelasan ini, kita dapat menghentikan kebingungan tentang ‘fatwa’ baru, karena hanya menjelaskan apa yang diperbolehkan bagi umat Islam dan yang dilarang dalam Islam,” lanjutnya.

Jika masih mengalami kebingungan, ia mengajak agar segera menemui Mufti Negara untuk penjelasan lebih lanjut. Sultan Ibrahim telah menyetujui fatwa yang dikeluarkan Dewan Agama Islam Johor (MAINJ), Kamis (2/2/2023). 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version