Minggu, 25/02/2024 - 09:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Hari Pers Nasional, Guru Besar UIN Jakarta: Pers Kawal Supremasi Hukum di Indonesia

ADVERTISEMENT

Tholabi mengharapkan peran serta pers Indonesia semakin maju dan terdepan.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

 JAKARTA — Penegakan hukum di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari peran pers Indonesia. Kontrol terhadap lembaga penegakan hukum menjadi kunci penguatan negara hukum Indonesia. 

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional

Guru Besar Ilmu Hukum Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ahmad Tholabi Kharlie, mengatakan pers Indonesia secara konsisten mengawal penegakan hukum di Indonesia. “Pers Indonesia berkontribusi besar dalam mengawal supremasi hukum di Indonesia. Ini yang patut kita syukuri bersama,” ujar Tholabi di Jakarta, Kamis (9/2/2023). 

ADVERTISEMENT
Berita Lainnya:
Massa AMIN di JIS Bayaran? Sahroni: Sorry Ye...

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta ini menyebutkan pers juga telah melakukan pendidikan hukum di tengah masyarakat melalui pelbagai produk jurnalistik yang mencerahkan publik. “Pers juga menjadi medium pendidikan hukum bagi publik melalui pelbagai produk jurnalistiknya. Efeknya publik makin peduli dengan isu hukum,” tegas Tholabi. 

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh

Ketua Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia ini mengajak pers dapat berkolaborasi dengan perguruan tinggi untuk bersama-sama mengukuhkan Indonesia sebagai negara hukum. “Kami mengajak pers Indonesia untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi untuk mengukuhkan Indonesia sebagai negara hukum dengan produk jurnalistik yang mencerahkan,” harap Tholabi. 

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard
Berita Lainnya:
Pecah Kongsi Ahok dan Jokowi, Dulu Kawan Sekarang 'Lawan'

Pengurus PBNU ini mengharapkan peran serta pers Indonesia semakin maju dan terdepan dalam mengawal supremasi hukum di Indonesia. “Tentu konteksnya bukan trial by the press tetapi pers dalam praktiknya turut mendorong supremasi hukum yang imparsial dan berkeadilan,” tandas Tholabi.

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi