Sabtu, 18/05/2024 - 11:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Filipina: Kapal Cina Tembak Sinar Laser di Laut Cina Selatan

Tambakan sinar laser tersebut menyebabkan kebutaan pada awak kapal Filipina.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 MANILA — Pasukan Penjaga Pantai Filipina mengatakan kapal penjaga pantai Cina dua kali menembak kapal penjaga pantai mereka dengan ‘sinar laser’ hingga menyebabkan kebutaan sementara awak kapal Filipina. Manila menyebut peristiwa di Laut Cina Selatan itu sebagai pelanggaran terang-terangan hak kedaulatan Filipina.  

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dalam pernyataannya, Senin (13/2/2023) pasukan penjaga pantai Filipina mengatakan kapal Cina juga melakukan manuver berbahaya dengan menghalangi kapal patroli BRP Malapascua mendekati beting Second Thomas pada 6 Januari lalu. Kapal Cina mendekati sisi kanan kapal Filipina dengan jarak 137 meter.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Pada tahun 2022 Filipina sudah mengajukan hampir 200 protes diplomatik terhadap aksi Cina di perairan yang disengketakan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pasukan Penjaga Pantai Filipina Halangi Reklamasi Cina di Laut Cina Selatan

Juru bicara Pasukan Penjaga Pantai Filipina Komodor Armand Balilo mengatakan meski penjaga pantai Cina pernah menghalangi kapal penjaga pantai Filipina sebelumnya. Tapi ini pertama kalinya Cina menembakan sinar laser  dan menyakiti fisik personel Filipina di Laut Cina Selatan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kedutaan Besar Cina di Filipina belum memberikan komentar tentang peristiwa ini. “Kapal Cina dua kali menyinari BRP Malapascua dengan sinar laser, menyebabkan kebutaan sementara awak kapalnya di anjungan,” kata Penjaga Pantai Filipina.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kapal Cina juga melakukan manuver berbahaya dengan mendekati bagian kanan kapal sejauh 150 yard (137 meter),” tambahnya.  

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Tindakan agresif Penjaga Pantai Cina memaksa BRP Malapascua bergerak ke arah lepas pantai, di mana kapal itu mengawal kapal Filipina yang mengirimkan makanan dan pelaut Filipina ke kapal pusat angkatan laut, BRP Sierra Madre di beting Second Thomas.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

“Dengan sengaja menghalangi kapal pemerintah Filipina mengirimkan makanan dan pasokan ke personel militer kapal di atas kapal BRP Sierra Madre merupakan pengabaian dan pelanggaran terang-terangan kedaulatan Filipina di bagian Laut Barat Filipina,” kata penjaga pantai merujuk perairan di sebelah barat pantainya.

Berita Lainnya:
Keras, China Gunakan Meriam Air Usir Kapal Filipina di Perairan Sengketa

Belum diketahui apakah misi Filipina memasok makanan dan pelaut berlanjut. Balilo mengatakan penjaga pantai Filipina sudah melaporkan kejadian ini pada badan antar-lembaga yang memantau Laut Cina Selatan dan Departemen Luar Negeri di Manila.

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi