Jumat, 14/06/2024 - 20:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Turki: Korban Tewas Akibat Gempa Capai 43.556 Jiwa

ANKARA – Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan, hingga Rabu (22/2/2023), jumlah korban tewas akibat gempa 7,8 skala Richter yang mengguncang negaranya 6 Februari lalu telah mencapai 43.556 jiwa. Sementara puluhan ribu warga lainnya mengalami luka-luka.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Ini adalah salah satu gempa bumi terbesar di dunia,” kata Soylu saat berbicara dalam siaran langsung dengan saluran televisi TRT Haber di Hatay, yakni salah satu provinsi yang paling parah terdampak gempa.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Dia mengungkapkan, sekitar 26 ribu rumah runtuh pada jam-jam pertama gempa. Soylu menyebut, area yang terguncang gempa seluas 110 ribu kilometer persegi.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

“Ini tiga kali ukuran Belanda,” ucapnya.

Getaran kuat berpusat di Kahramanmaras dan mengguncang 10 provinsi lainnya, yakni Hatay, Gaziantep, Adiyaman, Malatya, Adana, Diyarbakir, Kilis, Osmaniye, Sanliurfa dan Elazig. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, pemerintahannya akan mulai membangun lebih dari 200 ribu rumah di daerah-daerah terdampak gempa pada awal Maret. Dia berjanji menyelesaikan proses pembangunan dalam waktu satu tahun.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Korban Serangan Israel di Pengungsian, Jenazah Ayah Gendong Anak tak Bisa Terpisahkan

Sementara itu, bantuan kemanusiaan tahap ketiga dari Indonesia untuk Turki telah tiba di Bandara Adana pada Rabu, tepat pukul 24:00 waktu setempat. Rombongan Indonesia dipimpin Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Alhamdulillah, pada malam hari ini, jam 12 tepat, kami dari Indonesia datang, rombongan Indonesia, didampingi bapak Kepala BNPB, saya mewakili Pemerintah Indonesia, diutus Bapak Presiden Jokowi untuk berkunjung sekaligus membawa bantuan tahap ketiga korban bencana alam di Turki,” kata Muhadjir dalam keterangannya kepada awak media di Bandara Adana, seperti dikutip dalam keterangan tertulis yang dirilis KBRI Ankara.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Giliran Prancis Siap Akui Palestina Merdeka, Negara Teroris Israel Makin Terpojok
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Pada kesempatan itu, Muhadjir kembali menyampaikan belasungawa mendalam bagi pemerintah dan rakyat Turki. Dia mengungkapkan, Indonesia dan Turki sedang mendiskusikan langkah-langkah berikutnya setelah masa darurat bencana berakhir. Muhadjir menekankan, Indonesia akan turut membantu Turki pada masa rehabilitasi dan rekonstruksi pasca-gempa.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Sebagaimana kita sudah biasa menangani (bencana gempa) di Indonesia, setelah tahap darurat bencana, nanti ada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi. Ada kemungkinan kita (Indonesia) juga akan tetap terlibat pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ اشْتَرَوُا الضَّلَالَةَ بِالْهُدَىٰ وَالْعَذَابَ بِالْمَغْفِرَةِ ۚ فَمَا أَصْبَرَهُمْ عَلَى النَّارِ البقرة [175] Listen
Those are the ones who have exchanged guidance for error and forgiveness for punishment. How patient they are in pursuit of the Fire! Al-Baqarah ( The Cow ) [175] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi